Nih Tips Biar Kamu Gak Salah Pilih Buah Mangga!

Rani
Rani

Nih Tips Biar Kamu Gak Salah Pilih Buah Mangga!

WinNetNews.com - Mangga adalah salah satu makanan yang banyak digemari. Rasanya yang enak dan bisa diolah menjadi aneka ragam makanan. Di Indonesia ada beraneka ragam jenis mangga, mulai dari mangga harum manis, manalai, indramayu, dan lain sebagainya.

Mencari mangga yang berkualitas tidaklah mudah. Ada beberapa trik yang bisa kita gunakan untuk untuk memilih mangga dengan kualitas baik, biar gak salah pilih. Nih tipsnya!

Sentuh dan rasakan teksturnya

Mangga matang akan sedikit empuk jika disentuh, sama halnya dengan alpukat dan buah persik. Yang membedakan, mangga matang memiliki tekstur kulit yang cukup kuat sehingga jari kita tidak dapat menembusnya.

Periksa tampilan mangga tersebut

Mangga yang ideal bentuknya akan menyerupai bola rugbi. Oleh karena itu, pilihlah mangga dengan tekstur penuh, berisi, dan bulat. Lebih bagus lagi jika kita membeli dengan tangkainya. Mangga matang terkadang memiliki titik-titik atau bercak-bercak berwarna cokelat, itu adalah hal yang wajar.

Hirup aroma di dekat tangkai

Mangga matang akan selalu mengeluarkan aroma yang kuat, manis, wangi dan khas buah-buahan di sekitar tangkainya. Mangga matang mengeluarkan bau yang agak mirip melon, namun juga seperti nanas, dengan sedikit bau wortel di dalamnya.

Perhatikan warnanya

Secara umum, warna mangga bukanlah cara terbaik untuk mencari tahu tingkat kematangannya. Namun, hal ini bisa menjadi sangat penting mengingat banyak sekali varian mangga di Indonesia. Oleh karena itu, kita harus membiasakan diri dengan jenis-jenis mangga dan musim tumbuhnya.

Apa Reaksi Kamu?