Nih Tips Buat yang Suka Makan Kikil Biar Gak Amis

Nih Tips Buat yang Suka Makan Kikil Biar Gak Amis

Kamis, 18 Mei 2017 | 22:36 | kontributor

WinNetNews.com - Soto Daging Betawi merupakan salah satu contoh resep makanan lezat yang berasal dari Indonesia. Ibu juga dapat menambahkan kikil ke dalamnya agar rasanya lebih spesial.

Tapi, jika kurang tepat cara mengolahnya, kikil justru akan menjadi alot dan menimbulkan aroma yang kurang sedap. Hal ini sering kali membuat para Ibu memilih untuk membeli kikil yang sudah matang ketimbang memasaknya sendiri. Padahal, sebenarnya untuk memasak kikil yang empuk dan tidak amis itu cukup mudah lho, Bu. Berikut ini tipsnya.

1. Rendam dalam air mendidih minimal 20 menit

Proses perendaman ini bertujuan untuk menghilangkan aroma amis dari kikil mentah. Jika Ibu tidak memiliki cukup waktu untuk merebus kikil lebih lama, setidaknya rendam dengan air panas selama 20 menit. Setelah proses perendaman selesai, segera tiriskan kikil dan langsung siram dengan air bersih yang mengalir agar sisa-sisa air rendaman yang beraroma amis tidak menempel lagi pada kikil.

2. Hilangkan sisa bulu

Proses penghilangan sisa bulu ini bisa Ibu lakukan di awal sebelum merendamnya dengan air panas. Akan tetapi, jika Ibu ingin menghilangkan bulunya tanpa terganggu aroma amis yang menyengat, maka Ibu bisa melakukannya setelah proses perendaman dengan air mendidih. Selain itu, melakukan penghilangan bulu setelah merendamnya dengan air panas juga akan mempermudah pencabutan bulu dibanding ketika Ibu melakukannya saat kikil masih mentah.

3. Rebus kikil hingga empuk

Proses perebusan kedua ini memerlukan waktu yang lebih lama yakni sekitar 2-3 jam dengan panci biasa. Jika ingin mempersingkat waktu memasak, Ibu dapat menggunakan panci presto. Proses pengempukan kikil dengan panci presto hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam. Satu hal yang perlu Ibu perhatikan, gunakan air baru untuk merebus kikil, ya. Hindari menggunakan air rebusan atau rendaman pada proses awal karena justru akan mengembalikan aroma amis kikil.

4. Gunakan rempah agar aroma kikil tidak amis

Berbagai rempah bisa Ibu gunakan untuk mengurangi aroma amis kikil. Beberapa contohnya adalah jahe, daun jeruk, atau serai. Ibu bisa menambahkannya saat merebus kikil dengan panci presto. Setelah merebus, barulah Ibu dapat memasak kikil dengan aneka bumbu dan Royco rasa Sapi sesuai resep makanan enak yang akan Ibu praktikkan.

Menghilangkan aroma tidak sedap pada kikil dan mengempukkannya tidak sulit kan, Bu? Cobalah tips-tips di atas lalu praktikkan aneka resep makanan enak berbahan kikil lainnya. Setelah Ibu menyajikan kikil yang lezat hasil olahan sendiri, keluarga Ibu pasti tidak akan tertarik lagi untuk membelinya di luar. Selamat mencoba!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...