Nih Tips Supaya Kamu Bisa Menabung Untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Oky
Oky

Nih Tips Supaya Kamu Bisa Menabung Untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Winnetnews.com - Tips menabung sebenarnya banyak caranya, tinggal gimana kamu konsisten atau tidak menabung demi mencapai tujuan.

Menabung, di mana kamu diminta menyisihkan uang jajan setiap hari dan dimasukkan ke dalam celengan, sebenarnya sudah diajarkan oleh orangtua sejak kecil.

Menabung menjadi hal yang sangat penting untuk kelangsungan hidup di masa depan. Memiliki tabungan, kamu jadi punya pegangan untuk hal-hal yang mendesak.

Kamu tentu gak mau kan harus pusing ke sana kemari mencari pinjaman uang saat ada keperluan mendadak? Mending kalau dikasih pinjam, lah kalau cuma diomongin aja kan pasti bikin kesal.

Itulah mengapa menabung penting banget. Tapi, yang sering terjadi memang gak semudah yang dibayangkan sih. Ada saja godaan yang bikin kamu lagi-lagi gagal menyisihkan uang.

Tapi gak perlu khawatir, karena kali ini MoneySmart ingin membagikan beberapa tips menabung yang akan membantumu agar lebih mudah menabung dan tentu saja harus konsisten.

Gak usah berlama-lama lagi, yuk intip lima tipsnya di bawah ini:

1. Langsung berapa persen dari gajimu ke tabungan

Yang seringkali jadi penyakit banyak orang hingga gagal menabung adalah merasa kaya mendadak usai menerima gaji.

Mending buang jauh-jauh deh pemikiran seperti itu dari sekarang kalau kamu gak mau melarat di kemudian hari. Biasakan selalu memasukkan berapa persen dari gajimu ke dalam rekening tabungan.

Jangan menunda memindahkannya sebelum kamu tergoda ingin membeli ini dan itu yang cuma buang-buang duit aja.

2. Target pada diri sendiri

Tips menabung selanjutnya adalah dengan menargetkan diri sendiri. Gimana maksudnya?

Jadi kamu harus memberi target berapa uang yang harus dikeluarkan setiap minggu. Tapi sebelumnya kamu harus menghitung dulu, seperti untuk makan siang, ongkos dan lainnya. Ya, jangan sampai menyusahkan diri sendiri juga.

Misalnya ketemu di angka Rp 350 ribu per minggu, itu sudah termasuk semua keperluanmu. Nah, kamu harus konsisten hanya boleh mengeluarkan uang Rp 50 ribu setiap hari.

Itu bertujuan untuk mengerem keinginanmu untuk menghabiskan uang makin banyak. Dengan begitu, kamu akan dapat menabung uang lebih banyak setiap bulannya.

3. Punya dua rekening tabungan berbeda

Kamu juga harus memiliki rekening tabungan yang berbeda alias tidak digabung dengan rekening untuk kebutuhanmu sehari-hari.

Memiliki rekening tabungan khusus merupakan cara mudah untuk mengatur tabungan. Satu rekening khusus untuk menabung, sedangkan lainnya bisa digunakan untuk menyimpan uang yang akan kamu gunakan untuk kebutuhan hidup.

Nah, sebaiknya juga kamu tidak memfasilitasi rekening tabunganmu itu dengan kartu ATM apalagi m-banking atau internet banking. Tujuannya biar gak tergoda untuk menggunakan uang yang ada di rekening tabunganmu.

4. Kumpulkan receh yang kamu punya, bakal berguna kok

Kamu tentu tahu kan beberapa kisah di mana orang yang membeli barang mewah dengan uang receh? Karena itu, uang receh memang gak bisa dipandang sebelah mata.

Yuk, kumpulkan uang recehmu karena bakal berguna banget lho, misalnya aja untuk membayar parkir hingga membeli makanan dan minuman.

Jadi, mulai sekarang kumpulan recehan yang berceceran. Kalau perlu kamu simpan dalam satu dompet khusus biar gak ribet.

5. Selalu bawa uang tunai dalam pecahan kecil di dompet

Selain menargetkan diri sendiri untuk mengeluarkan uang hanya berapa ratus ribu setiap minggu, kamu juga harus bisa membiasakan membawa uang secukupnya saja di dalam dompet.

Tujuannya adalah, membuatmu tidak tergoda membeli hal yang tidak diperlukan. Selain itu, sebaiknya jangan membawa kartu debet atau credit card saat pergi ke luar apalagi kalau kamu pergi ke tempat yang bisa membuatmu tergoda untuk belanja.

Nah, itulah lima tips menabung yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang agar target membeli barang yang kamu butuhkan bisa tercapai. Intinya disiplin dan konsisten setiap bulan. Yuk, mulai biasakan menabung dari sekarang.

 

 

Penulis : Oky Alexander Weni
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?