Berkarir di AS, NIKI dorong Musisi Muda Asia Wujudkan Mimpi

Natassja Debra
Natassja Debra

Berkarir di AS, NIKI dorong Musisi Muda Asia Wujudkan Mimpi Nicole Zefanya

Winnetnews.com - Nicole Zefanya, atau lebih dikenal sebagai NIKI kembali mencuri perhatian media musik internasional dengan menjadi tamu spesial di konser dunia penyanyi internasional seperti Halsey dan Rich Brian.

Bersahabat dengan Lisa BLACKPINK, lagu NIKI yang berjudul 'Vintage’ bahkan pernah dipakai oleh idola KPOP itu, sebagai lagu latar dalam vlog konser dunia BLACKPINK. Video itu diunggah melalui akun YouTube milik Lisa BLACKPINK, LILI's Film, awal Mei tahun ini.

'Vintage’ juga sukses daftar masuk ‘Best of 2018’ di Apple Music. Apple Watch lalu menggunakan lagu NIKI ‘move!’ dari EP yang dirilis awal tahun ini untuk promo 'Apple Watch 5'.

Instagram/@Nikizefanya

Pertama kali mulai dikenal dengan pemenang audisi untuk penampilan pembuka konser Taylor Swift di Jakarta pada tahun 2014, NIKI lantas merilis 2 single sendiri pada tahun 2016, sebelum diangkat oleh 88rising, label musik internasional dari Amerika Serikat (AS) pada tahun 2017 yang lebih fokus pada artis-artis hip-hop dan R&B dari Amerika dan Asia.

Rich Brian, sesama artis Indonesia yang sudah go international adalah salah satu artis dari label yang sama. Kedua generasi muda Indonesia ini membuat kolaborasi tahun ini ‘Little Prince’, dan terlibat dalam kolaborasi album kompilasi 88rising yang dirilis tahun ini.

Sehabis membuka dengan Indonesia Raya di dalam penampilannya di festival 88rising Music Festival di Los Angeles pada 17 Agustus 2019, NIKI menyampaikan pesan untuk generasi muda dan musisi Asia.

“Sebagai wanita Asia, saya cuma mau bilang, saya tidak menganggap enteng begitu saja panggung yang saya dapatkan hari ini. Lebih dari itu, harapan saya adalah, bahwa kalian merasa didengar, kalian merasa dipahami, tetapi yang terpenting, kalian merasa terwakili,” kata Niki dalam sebuah wawancara dengan refinery29 (17/8/2019).

Banyak orang Indonesia yang meninggalkan tanah air dan merasa kehilangan identitas Asia mereka. NIKI mengungkapkan bahwa berasimilasi dengan budaya barat dengan tetap bangga akan asal-usul mereka itu adalah hal yang mungkin.

NIKI berharap untuk melihat lebih banyak artis-artis Indonesia dan Asia. Mereka yang mewakili beragam orang dan meleburkan stereotipe wanita Asia dari media barat.

Sebagai wanita pertama Indonesia yang nmasuk ke dalam label rekaman 88rising, NIKI juga ingin mewakili figur wanita Asia di dunia hiburan. Dengan female anthem-nya ‘Newsflash!’ NIKI juga ingin menunjukan bahwa, menjadi wanita Indonesia dan feminis secara bersamaan adalah hal yang mungkin. Budaya Asia umumnya adalah sangat patriakis. NIKI ingin anak-anak dan wanita Indonesia dapat mengekspresikan diri dengan mencintai diri mereka sendiri.

NIKI mengingatkan untuk tetap mengejar mimpi dengan passion dan jangan berhenti.

Artis kelahiran Jakarta ini merilis album mini kedua 'wanna take this downtown?' pertengahan Mei sebagai jembatan menuju album perdananya ‘Moonchild’.

Apa Reaksi Kamu?