(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Nilai Gratifikasi Sudirman Mencapai Rp 3,96 miliar

Rusmanto
Rusmanto

Nilai Gratifikasi Sudirman Mencapai Rp 3,96 miliar
WinNetNews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi memberikan penghargaan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said sebagai pegawai negeri atau penyelenggara negara dengan nilai gratifikasi terbesar yang ditetapkan menjadi milik negara tahun 2015.

Nilai gratifikasi yang diserahkan Sudirman ke negara mencapai Rp 3,96 miliar.

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan menyatakan, gratifikasi yang dilaporkan oleh Sudirman Said ini berkaitan dengan seperangkat suvenir bertahta berlian. KPK memajang foto suvenir yang dilaporkan sebagai gratifikasi tersebut dalam Festival Anti Korupsi di Sasana Budaya Ganesha, Bandung hingga hari Jumat, tanggal 11 Desember 2015.

Dalam foto itu terlihat seperangkat suvenir bertahta berlian yang dipajang dalam peti eksklusif berwarna hijau tua. Di dalamnya terdapat jam tangan, cincin giwang dan pena.

Salah satu yang cukup menonjol nilainya adalah berlian 5,5 karat yang harganya mencapai Rp 2,26 miliar.

KPK mencatat selama satu tahun, mereka yang melaporkan gratifikasi mencapai 1.200 pelapor. Nilainya beragam, mulai dari yang Rp 50 ribu sampai miliaran rupiah seperti berlian tadi.

Selain penghargaan untuk Sudirman Said, KPK memberikan penghargaan kepada pegawai Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan yang melaporkan gratifikasi senilai 100.000 ribu dolar Singapura, serta Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Untung Suseno Sutarjo yang menyerahkan gratifikasi senilai Rp 100 juta.

Sementara untuk badan usaha milik negara yang menerapkan pengendalian gratifikasi dengan jumlah laporan gratifikasi terbanyak adalah PT Pertamina. Perusahaan ini menyerahkan 239 laporan gratifikasi.

disadur dari situs beritasatu

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});