Nilai tukar Rupiah tak beranjak dari level Rp 13.000 per USD

Muchdi
Muchdi

Nilai tukar Rupiah tak beranjak dari level Rp 13.000 per USD

WinNetNews.com – Pada perdagangan hari ini, Jumat 14 Oktober 2016 Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak fluktuatif. Rupiah dibuka di level Rp 13.069 atau menguat tipis dibanding penutupan perdagangan kemarin di Rp 13.073 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah sempat menguat usai pembukaan ke level Rp 13.036 per USD. Sesaat kemudian, Rupiah kembali melemah ke level Rp 13.057 per USD.

Pada minggu lalu, Rupiah tercatat terus menguat dan meninggalkan level Rp 13.000 per USD. Direktur Eksekutif Development of Economics and Finance (Indef), Enny Sri Hartati mengatakan, salah satu faktor atau sentimen positif pergerakan Rupiah adalah banyaknya dana asing masuk ke Indonesia. Dana ini masuk melalui Tax Amnesty maupun investasi.

"Ada capital inflow (aliran dana masuk) salah satunya dari Tax Amnesty dan angka Foreign Direct Investment juga naik," ucap Enny saat dihubungi , seperti dikutip dari merdeka, Jakarta, Jumat (14/10)/2016).

Menurut Enny, jumlah valuta asing dalam negeri saat ini meningkat sehingga Rupiah menguat karena tingginya suplai. "Rupiah itu kan demand dan suplai juga."

Enny berharap, pemerintah bisa menjaga momentum penguatan Rupiah dengan menahan dana yang masuk ke dalam negeri. Jangan sampai dana tersebut kabur dan membuat nilai tukar Rupiah kembali melemah.

"Ini momentum penguatan, pemerintah harus menjaga ini agar penguatan tadi tidak sementara. Pemerintah harus menjaga agar dana yang masuk tadi jangan spekulatif atau gampang keluar," tutupnya.

Apa Reaksi Kamu?