Nokia Diduga Langgar Paten Blackberry
ilustrasi

Nokia Diduga Langgar Paten Blackberry

Rabu, 22 Feb 2017 | 12:32 | Rusmanto

WinNetNews.com - BlackBerry Ltd melayangkan gugatan hukum kepada Nokia, dengan tuduhan telah menggunakan patennya tanpa izin. BlackBerry menuntut Nokia untuk membayar royalti atas penggunaan paten milik BlackBerry tersebut.

Berdasarkan gugatan yang diajukan di pengadilan di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat (AS), produk Nokia yang menggunakan paten BlackBerry adalah Flexi Multiradio, pengontrol jaringan radio dan software Liquid Radio . Total ada 11 paten milik BlackBerry yang digunakan produk-produk tersebut.

“BlackBerry berusaha memperoleh kompensasi dari penggunaan paten teknologi kami secara tidak sah dari Nokia,” tulis BlackBerry dalam gugatannya, seperti dikutip dari Bloomberg .

Sejumlah paten yang dipermasalahkan dalam kasus ini didapatkan BlackBerry dari mantan perusahaan telekomunikasi, Nortel Network. Nokia sebelumnya termasuk salah satu perusahaan yang ingin membeli paten-paten tersebut.

BlackBerry adalah anggota kelompok bernama Rockstar Consortium yang membeli paten Nortel saat pailit pada 2011. Kemudian paten-paten itu dibagi dengan anggota kelompok lain termasuk Apple dan Microsoft.

Meski mengajukan gugatan hukum terhadap Nokia, BlackBerry memastikan pihaknya tidak memiliki tujuan untuk memblokir penggunaan paten-patennya itu.

Pasalnya, paten-paten tersebut mencakup elemen penting dari standar telekomunikasi mobile yang dikenal dengan nama 3GPP, dan perusahaan telah berjanji melisensikannya dengan persyaratan adil dan wajar.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...