Nonton 'Squid Game' Diam-Diam, Siswa SMA di Korea Utara Dihukum Berat

Nisa Diniah

Dipublikasikan 9 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Nonton 'Squid Game' Diam-Diam, Siswa SMA di Korea Utara Dihukum Berat
Foto: Allkpop

Winnetnews.com -  Euforia serial Korea original Netflix Squid Game ternyata sampai juga ke Korea Utara. Dilaporkan bahwa seorang siswa SMA di Korea Utara ditangkap setelah ketahuan menonton drama tersebut secara diam-diam.

Radio Free Asia (RFA), outlet media berita Amerika yang berfokus pada berita Korea Utara, baru-baru ini merilis sebuah artikel mengenai beberapa siswa SMA di Korea Utara yang ketahuan menonton dan mendistribusikan drama tersebut telah mendapat hukuman berat.

Pada tingkat yang paling ekstrem, RFA melaporkan bahwa seorang pria telah dijatuhi hukuman mati setelah menyelundupkan dan menjual salinan Squid Game. Itu semua terjadi setelah pihak berwenang menangkap 7 siswa SMA yang menonton serial itu.

Menurut sumber orang dalam, pria itu membawa salinan Squid Game ke Korea Utara dari China dan menjual USB flash drive yang berisi serial tersebut. Pria itu akan dibunuh oleh regu tembak, yang mirip dengan bagaimana kontestan Squid Game dibunuh.
Para siswa yang tertangkap menonton serial, dan staf sekolah juga mendapat hukuman.

"Seorang siswa yang membeli drive menerima hukuman seumur hidup, sementara enam orang lain yang menonton serial itu telah dijatuhi hukuman lima tahun kerja paksa, dan guru serta administrator sekolah telah dipecat dan menghadapi pengusiran untuk bekerja di tambang terpencil atau diri mereka sendiri," kata RFA.

Bukan hanya Squid Game yang dilarang. Korea Utara sebelumnya telah menerapkan larangan ketat terhadap konten dari Barat dan Korea Selatan. Korea Utara tak segan memberikan hukuman mati maksimum untuk warganya yang menonton, menyimpan atau mendistribusikan media dari negara-negara kapitalis, khususnya Korea Selatan dan Amerika.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...