Normalkah Sering Kebelet Pipis Saat Gugup?

Muchdi
Muchdi

Normalkah Sering Kebelet Pipis Saat Gugup? ilustrasi kebelet pipis ( Photo Istimewa )
Winnetnews.com - Ketika gugup atau cemas, seringkali seseorang jadi ingin buang air kecil atau pipis. Seandainya ini terjadi, apa yang harus dilakukan?

"Jika ragu-ragu, lakukan saja apa yang dikatakan tubuh Anda dan pergilah ke kamar mandi. Anda mungkin akan baik-baik saja," kata profesor urologi, Tom Chi dari University of California, San Fransisco, Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari situs Liputan6 dari laman Live Science, Minggu (19/5/2019), hal itu adalah perasaan yang umum dan sering terjadi. Chi mengatakan dia tidak begitu yakin tentang penyebab munculnya kebelet pipis saat seseorang gelisah atau cemas.

Ada kemungkinan, kebutuhan untuk buang air kecil disebabkan oleh beberapa faktor termasuk saraf di sepanjang sumsum tulang belakang, otak, dan emosi.

Sistem Tubuh saat Cemas

Chi mengatakan, ketika Anda gelisah, tubuh beralih ke mode waspada. Respons yang tegang dan penuh adrenalin bisa merangsang kebutuhan buang air kecil. Selain itu, ini juga meningkatkan produksi urine ginjal.

"Kemungkinan, di bawah tekanan, sistem saraf pusat diaktifkan untuk beroperasi pada tingkat sensitivitas yang lebih tinggi yang berarti kurang diperlukan untuk mengaktifkan refleks," kata Alan Wein, profesor urologi di Penn Medicine, University of Pennysylvania, Amerika Serikat.

Gagasan lain menyebutkan bahwa, ketika seseorang gugup, otot-otot pada tubuh menjadi tegang. Salah satunya adalah kandung kemih yang kemudian membuat orang ingin buang air kecil.

Lebih Sadar akan Kondisi Tubuh

Mengutip Huffington Post, Ashwini Nadkarni, instruktur psikiatri di Harvard Medical School mengatakan, ketika kita cemas, orang juga cenderung lebih sadar akan keadaan tubuh sendiri. Misalnya, detak jantung yang lebih terasa hingga keinginan untuk buang air kecil.

"Orang-orang akan menerapkan 'penyaring' dan fokus pada perasaan bahwa mereka akan buang air kecil, padahal secara obyektif, mereka mungkin sebenarnya tidak ingin buang air kecil atau pipis sebanyak yang mereka pikirkan," kata Nadkarni.

Bukan berarti masalah ini tidak bisa diatasi. Chi mengatakan, apabila Anda ingin buang air kecil tetapi sulit ke kamar mandi, cobalah mengalihkan perhatian atau melakukan latihan meditasi untuk menenangkan pikiran dan otot.

 

 

 

Penulis : Muchdi
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?