Novelis Kazuo Ishiguro Raih Nobel Sastra 2017

Gunawan Wibisono
Kamis, 05 Oktober 2017 19:33 WIB
Oleh Gunawan Wibisono pada Kamis, 05 Oktober 2017 19:33 WIB
Image Novelis Kazuo Ishiguro Raih Nobel Sastra 2017
Kazuo Ishiguro/foto: Istimewa

WinNetNews.com - Hadiah Nobel Sastra tahun 2017 ini jatuh ke tangan novelis Kazuo Ishiguro. Penghargaan bergengsi sastra dunia ini, diumumkan di Stockholm, Swedia.

Sekretaris Akademi Swedia Sara Danius membacakan keputusan dari 18 anggota Akademi Swedia. 

"Hadiah Nobel Sastra 2017 diberikan kepada penulis asal Inggris Kazuo Ishiguro," ucap Sara seperti yang dibacarakan secara streaming pada Kamis (5/10). 

Menurut Akademi Swedia karya-karya Kazuo Ishiguro memiliki kekuatan emosional yang hebat. 

"Novelnya memiliki kekuatan emosional dan berhasil menemukan pengertian antara ilusi hubungan dengan dunia," jelas Sara Danius. 

Meski kelahiran Jepang, keluarga Kazuo Ishiguro pindah ke Inggris saat dia berusia lima tahun. Novelnya yang paling terkenal adalah 'The Remains of the Day' (1989) yang diadaptasi ke versi film oleh Anthony Hopkins. Karya ini juga membawanya memenangkan Man Booker. 

Tema-tema dalam karyanya yang paling banyak adalah tentang kenangan, waktu, dan khayalan diri. Sampai sekarang dia telah menerbitkan delapan buku, yang sebagian besar diadaptasi film dan seri televisi.

Novel terakhirnya 'The Buried Giant' (2015) mengeksplorasi bagaimana kenangan terlupakan, dan fantasi terhadap kenyataan. Novel dystopia karyanya 'Never Let Me Go' (2005) juga berhasil diadaptasi ke dalam bentuk layar lebar dan drama seri Jepang. 

 

Cara Move On dari Mantan Pacar
Pose Migran Trend Baru di Instagram

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.