Nutrisi Buat Tentukan Prestasi Olahraga Anda

Nutrisi Buat Tentukan Prestasi Olahraga Anda

WinNetNews.com -Berolahraga menuntut performa fisik yang prima dengan kondisi tubuh yang fit apalagi jika Anda sedang mengikuti pertandingan. Supaya Anda tak kehabisan tenaga di tengah-tengah pertandingan, coba konsumsilah nutrisi yang tepat yang mutlak Anda perlukan.

1. Sebelum pertandingan: Coba makanlah dua atau tiga jam sebelum pertandingan Anda dimulai. Menu sebaiknya terdiri dari dua pertiga karbohidrat dan tak lebih dari sepertiga protein. Jangan lupa untuk konsumsi buah berkarbohidrat tinggi seperti pisang dan minum dua hingga tiga gelas air putih.

2. Selama pertandingan: Guna jaga supaya Anda tetap berenergi sewaktu pertandingan, konsumsilah pisang, energi bar, atau camilan yang mengandung elektrolit. Selain mudah dicerna, makanan-makanan itu akan segera kembalikan energi Anda yang terkuras.

3. Sesudah pertandingan: Kurang lebih satu jam usai pertandingan, Anda sudah harus mengisi kembali energi yang hilang setelah aktivitas fisik yang berat. Pulihkan diri Anda dengan konsumsi makanan tinggi karbohidrat, tinggi sodium, rendah lemak dan kadar protein sedang seperti sandwich ayam panggang atau pasta. Karbohidrat akan gantikan glikogen di otot, garam mengembalikan mineral yang terbuang melalui keringat, protein untuk membangun otot dan sayuran hijau untuk membantu proses pemulihan Anda.

Sumber:menshealth.co.id

Foto: http://www.losebabyweight.com.au