Nutrisi yang Tidak Boleh Tertinggal dalam Menu Diet
ilustrasi

Nutrisi yang Tidak Boleh Tertinggal dalam Menu Diet

Rabu, 18 Mar 2020 | 17:56 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Tidak ada salahnya menjalani diet demi menurunkan berat badan, apalagi untuk kepentingan kesehatan. Namun sayang, banyak orang yang justru menerapkan diet secara ekstrem sehingga kebutuhan nutrisi tubuh tidak tercukupi. 

Kekurangan gizi meski sedang berdiet dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, jangan sampai melupakan beberapa nutrisi berikut ini ketika menjalani diet.

5 nutrisi kunci untuk diet yang sukses, tapi sering dilupakan

image0

Ketika tubuh kekurangan gizi, diet Anda kemungkinan besar akan jadi sia-sia karena metabolisme tubuh dipaksa bekerja lebih keras agar bisa berfungsi normal. Pada akhirnya, kekurangan nutrisi selama diet dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit seperti anemia, pengeroposan tulang, hingga penyakit jantung kronis.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk sebisa mungkin cukupi lima nutrisi penting ini meski Anda sedang fokus diet.

1. Kalsium

Kalsium sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang, jantung, dan otot. Perannya sebagai nutrisi untuk diet membantu menurunkan berat badan karena mengoptimalkan kerja sel-sel di dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh mampu menyerap makanan dan nutrisi lebih cepat.

Kebutuhan kalsium untuk setiap orang berbeda-beda, namun rata-rata orang dewasa membutuhkan nutrisi untuk diet ini sebanyak 1000 sampai 1200 miligram perharinya.

Apabila Anda melakukan diet sambil berolahraga, konsumsi makanan dengan kalsium tinggi seperti tahu dan keju dapat membantu meningkatkan kerja otot sehingga tidak cepat lelah ketika berolahraga.

2. Vitamin A, D, E, K

Vitamin  A, D, E dan K merupakan vitamin larut dalam lemak yang masing-masingnya berfungsi sama penting di dalam tubuh.

Vitamin A tidak hanya penting untuk penglihatan, vitamin ini memiliki peran dalam sistem kekebalan tubuh dan reproduksi. Kandungan vitamin A dapat ditemukan pada sayuran dan buah-buhan dalam bentuk pro vitamin A.

Vitamin D yang dapat diperoleh dari paparan cahaya matahari bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang, peningkatan imunitas, dan kelancaran impuls dari otak ke bagian oragan tubuh.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...