Nyari Kaos Khas Betawi? Ke Jakarta Fair Aja

Gunawan Wibisono
Gunawan Wibisono

Nyari Kaos Khas Betawi? Ke Jakarta Fair Aja Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Jakarta Fair Kemayoran hingga penyelenggaraan yang ke-50 kalinya masih menjadi destinasi favorit warga Jakarta dan sekitarnya untuk rekreasi sekaligus berbelanja. Berbagai macam produk yang tersedia mulai dari elektronik, otomotif, kuliner, hingga fashion membuat pengunjung memiliki banyak pilihan barang yang bisa dibawa pulang.

Pameran terbesar se-Asia Tenggara ini juga menjadi momen untuk memperkenalkan barang dagangan khas Jakarta. Di bidang fashion, contohnya ada Betawi Punye Distro yang membuka lapaknya di area Kampung Betawi. Beragam kaos dengan desain tradisional khas Betawi atau Jakarta dibuat dengan modern membuatnya menjadi berbeda dari kebanyakan.

Salah satu penggeraknya, Sigit (36) mengatakan usaha clothing bersama rekan-rekannya ini sudah berdiri sejak 2013 dan langsung berpartisipasi di Jakarta Fair di tahun berikutnya.Mereka terinspirasi dari beberapa distro khas daerahnya yang sudah besar seperti di Bali atau Yogyakarta. Sigit ingin Jakarta punya tempat oleh-oleh khususnya kaos yang menampilkan ciri khas ibukota ini.

“Awalnya lebih banyak desain tulisan, kayak ‘Lo Jual Gue Beli’, tapi ke sini kita coba gambar. Ada model jagoan-jagoan Betawi, model kuliner, heritage, atau kendaraan tempo dulu. Sejauh ini yang paling laku kaos gambar ondel-ondel, Bang Ben (Benyamin Sueb), sama bir pletok,” tutur Sigit yang juga merupakan guru silat.

Kaos yang dijual harganya sangat terjangkau, yaitu Rp 50 ribu-Rp 60 ribu untuk ukuran anak-anak dan Rp 100 ribu- Rp 150 ribu untuk ukuran dewasa. Selain kaos, barang lain yang dijual adalah pakaian daerah seperti baju pangsi, kebaya encim, kopiah, dan cukin. Lalu ada juga pernak-pernik lainnya macam ondel-ondel, gantungan kunci, atau gelas.

Sigit berharap apa yang dilakukan bersama rekan-rekannya dalam membangun bisnis clothing dapat diikuti oleh kreator-kreator Jakarta lainnya. Ia menyebut sudah ada beberapa distro baru muncul setelah melihat produk-produknyayang kemudian dirangkul untuk sama-sama berkembang di bawah wadah bernama Betawi Clothing.

Selain di Betawi Punye Distro, pengunjung juga bisa menemukan souvenir berbau Jakarta di booth-booth souvenir resmi Jakarta Fair yang tersebar di berbagai titik arena pameran yakni selasar Hall D, selasar Hall C, area Open Space, area Gedung Pusat Niaga, dan juga area Gambir Expo. Souvenir eksklusif 50 tahun Jakarta Fair pun tersedia sebagai kenang-kenangan bagi pengunjung yang hadir di penyelenggaraan tahun ini.

Apa Reaksi Kamu?