Obama dan Duterte Akhirnya Bertemu Secara Informal

Obama dan Duterte Akhirnya Bertemu Secara Informal

Kamis, 8 Sep 2016 | 10:57 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan presidenFilipina Rodrigo Duterte akhirnya bertemu, setelah sebelumnya pertemuan keduanya terancam batal dikarenakan Dutertekembali mengeluarkan kata-kata kasar kepada Obama. Keduanya ternyata sempat bertemu secara informal jelang jamuan makan malam KTT ASEAN di VAlentiane, Laos, Rabu (7/9).

Duterte mengeluarkan kata-kata kasardiduga kesal karena Obama hendak membawa isu perang narkoba di Filipina ke dalam pertemuan. Namun, Menteri Luar Negeri Filipina Perfecto Yasay menyatakan kedua orang itu sudah bertemu secara informal.

“Mereka bertemu di holding room dan keduanya adalah orang terakhir yang keluar dari ruangan tersebut. Saya tidak bisa bilang berapa lama mereka bertemu. Keduanya sadar hubungan AS-Filipina sangat kuat secara historis. Saya bahagia pertemuan itu terjadi,” ucap Yasay, seperti dimuat CBSKamis (8/9).

Holding room adalah ruangan yang biasa dipakai untuk menikmati makanan dalam jamuan prasmanan. Obama dan Duterte masuk ke dalam ruangan makan secara terpisah. Posisi duduk keduanya pun berjauhan. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Filipina Charles Joe memastikan, keduanya bertemu di sana serta sempat berdiskusi. Namun, detail pembicaraan tidak bisa diungkap.

Duterte sendiri sempat menyatakan penyeselannyakarena telah menggunakan kata-kata kasar tak pantas kepada Obama. Duterte menyalahkan media yang memberitakan rencana Obama untuk menguliahi mantan Wali Kota Davao itu mengenai hak asasi manusia (HAM).

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...