(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Obama: Pengetatan Izin Senjata Selamatkan Banyak Nyawa

Rusmanto
Rusmanto

Obama: Pengetatan Izin Senjata Selamatkan Banyak Nyawa
WinNetNews.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memutuskan untuk mengambil keputusan tanpa persetujuan Kongres. Pria 54 tahun itu akan mengetatkan izin kepemilikan senjata bagi setiap warga AS.

Setiap pembeli senjata harus menghadapi serangkaian pengecekan yang jauh lebih serius daripada sebelumnya. Aturan tersebut nantinya akan mewajibkan para penjual senjata baik yang melakukan penjualan online atau pameran senjata untuk lebih memerhatikan latar belakang si pembeli. Para penjual juga harus memiliki izin resmi yang diterbitkan pemerintah AS untuk menjual senjata.

Tentu saja pengetatan izin senjata ini akan ditentang oleh mereka yang mendukung kepemilikan senjata secara bebas di Negeri Paman Sam. Namun, seperti dilaporkan BBC, Selasa (5/1/2016), Obama bersikeras akan tetap memberlakukan Undang-Undang baru itu meski tanpa persetujuan Kongres.

Pria kelahiran Hawaii itu berdalih pembuatan dan pengesahan rancangan undang-undang (RUU) senjata itu masih berada dalam wewenangnya secara sah meski tanpa persetujuan Kongres dan sejalan dengan Second Amendment yang menjamin hak-hak warga AS untuk membatasi peredaran senjata.

Meski tidak akan mengurangi kejahatan di AS, Obama yakin pengetatan izin senjata ini akan menyelamatkan lebih banyak nyawa dan mengurangi penderitaan warga AS akibat kehilangan anggota keluarga mereka. Mantan Senator Illinois itu menuturkan negaranya lebih banyak menghadapi kematian warganya akibat senjata termasuk dalam kasus bunuh diri dan penembakan massal daripada kasus serupa di negara-negara lain.

Pernyataan Obama itu disampaikan usai dirinya mendengarkan rekomendasi dari Jaksa Agung Loretta Lynch, Direktur FBI James Comey, dan beberapa para pejabat teras aparat penegak hukum di Gedung Putih pada Senin 4 Januari 2016. Pada 2015, Presiden ke 44 AS itu sempat menuturkan kegagalan membuat undang-undang baru mengenai kepemilikan senjata api merupakan penyesalan terbesarnya.

disadur dari situs OKEzone

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});