Obat Alami yang Bisa Bantu Kendalikan Rematik
ilustrasi: kunyit

Obat Alami yang Bisa Bantu Kendalikan Rematik

Selasa, 8 Jun 2021 | 20:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Rematik penyakit yang umum diderita masyarakat. Ini 7 bahan alami yang bisa membantu mengobati rematik. 

Tidak sedikit masyarakat yang mengeluhkan penyakit rematik. Tidak heran, rematik merupakan salah satu penyakit yang umum diderita masyarakat.  

Sekedar info, rematik adalah penyakit yang diakibatkan otot atau persendian mengalami peradangan dan pembengkakan. Rematik bisa menyerang bagian sendi tubuh mana pun. Jenis rematik pun bermacam-macam. 

Biasanya, rematik bisa diredakan dengan mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual secara bebas hingga obat anti-inflamasi non steroid (NSAID) untuk menghilangkan rasa nyeri pada sendi. 

Alih-alih terus mengonsumsi obat kimia, penderita bisa mengonsumsi obat herbal untuk meredakan rematik.

Ada beberapa obat herbal yang dipercaya ampuh meredakan rematik. Anda penasaran apa saja? Berikut obat herbal yang bisa meredakan penyakit rematik.  

1. Kunyit 

Selain di India, kunyit juga jadi salah satu rempah dan bumbu masak favorit di Indonesia. Kemampuan kunyit dalam menyedapkan makanan, ternyata selaras dengan kehebatannya dalam mengobati rematik.

Kunyit mengandung curcumin yang terbukti mampu mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga nyeri sendi akibat rematik bisa diobati. 

2. Bawang putih 

Bagi kebanyakan orang Indonesia, tidak afdol rasanya kalau memasak tanpa bawang putih. “Saudara” dari bawang merah ini ternyata bisa juga menjadi obat rematik alami. 

Bawang putih diketahui mengandung diallyl disulfide, yaitu senyawa antiinflamasi yang membatasi efek sitokin proinflamasi, sehingga nyeri sendi akibat rematik bisa mereda. 

Itulah sebabnya, bawang putih dipercaya bisa melawan peradangan sendi dan mencegah kerusakan tulang rawan akibat radang sendi.

3. Jahe 

Tidak hanya di Korea Selatan, jahe juga menjadi rempah yang sangat diminati orang Indonesia. Kemampuannya untuk menghangatkan badan menjadi nilai plus tersendiri di mata warga lokal. 

Ternyata jahe juga bisa menjadi obat rematik alami karena bersifat antiinflamasi. Dunia medis pun mengakui kehebatan jahe sebagai obat rematik alami. 

Zat kimia gingerol dan shogaol yang dikandung jahe juga bisa mengobati rematik, karena sifat antiinflamasi yang dimilikinya. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...