Obati Sariawan dengan Bahan-bahan Alami ini
Obat alami sariawan, foto.: istimewa

Obati Sariawan dengan Bahan-bahan Alami ini

Sabtu, 19 Nov 2016 | 22:57 | kontributor

WinNetNews.com -Stomatitis aftosa atau sariawan adalah kelainan selaput lendir pada mulut atau juga bisa pada lidah, gusi, pipi, dan langit-langit mulut.

Sebenarnya sariawan merupakan tanda bahwa tubuh anda sedang berada dikondisi yang tidak normal.

Sariawan sangat menggangu aktifitas kita terutama pada saat makan dan minum. Rasa pedih yang ditimbulkan terkadang membuat nafsu makan berkurang.

Sariawan sendiri biasanya disebabkan karena kebutuhan vitamin C yang tidak terpenuhi. Untuk menyembuhkan sariawan anda dapat menggunakan beberapa langkah mudah ini :

Baking soda dan garam

Garam mempunyai kemampuan untuk mengatasi berbagai gangguan di mulut seperti gusi bengkak dan sariawan. Dan untuk mengobati sariawan anda cukup membuat obat sendiri dengan bahan garam, baking soda, dan air. Untuk membuatnya anda cukup mencampurkan garam dan baking soda dan tambahkan sedikit air. Kemudian oleskan pada bagian yang terkena sariawan dan tunggu hingga 10 menit kemudain berkumurlah dengan air bersih.

Pisang dan madu

Selain menggunakan baking soda dan garam anda dapat menggunakan pisang dan madu yang dibuat pasta. Pertama anda haluskan pisang dengan blender atau dengan sendok, kemudian tambahkan madu. Oleskan pada luka sariawan dan hal ini dipercaya dapat mencegah peradangan.

Daun jambu biji

Daun jambu biji dikenal karena mampu menyembuhkan sakit perut, tidak hanya sakit perut anda juga dapat menggunakan daun jambu biji untuk mengobati sariawan. Anda cukup menumbuk daun jambu biji dan oleskan pada sariawan atau juga dapat kunyahlah langsung daun jambu biji kemudian berkumur.

Bawang putih

Bumbu masak yang satu ini juga mempunyai berbagai menfaat untuk kesehatan, dan salah satunya adalah mengobati sariawan. Anda cukup memotong bawang putih dan kemudian tempelkan pada bagian luka sariawan, atau tumbuk terlebih dahulu kemudian oleskan pada sariawan.

Pepaya

Vitamin C dalam buah pepaya dipercaya mampu memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Mengkosumsi pepaya secara rutin mampu mengobati sariawan dan mencegahnya datang kembali.

Kunyit

Tuhan memang maha adil. Tuhan menciptakan beraneka tanaman dengan khasiat yang memang tidak dapat diragukan lagi. Contohnya kunyit, selain untuk bumbu makanan kunyit juga dikenal mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk menyembuhkan sariawan dengan kunyit anda cukup memarut atau menghaluskannya dan kemudian oleskan pada bagian yang terkena sariawan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...