Obyek Wisata Guci Tegal, Antara Wisata dan Mitos

Obyek Wisata Guci Tegal, Antara Wisata dan Mitos

WinNetNews.com - Jika Garut punya pemandian air panas, maka Tegal juga punya pemandian air panas, namanya Objek Wisata Guci Tegal. Obyek wisata ini bisa kamu jadikan alternatif liburan untuk kamu dan keluarga maupun sama teman kamu.

image0

Objek Wisata Guci berada di perbatasan Brebes dan Pekalongan dan terletak di kaki gunung Slamet sehingga memiliki udara yang sangat sejuk. Akses menuju tempat ini bisa ditempuh dari Kota Tegal dan Kota Slawi. Jika dari Slawi berjarak sekitar kurang lebih 30 kilometer atau 40 kilometer dari Tegal. Untuk menuju ke tempat ini bisa menggunakan kendaraan umum dan kendaraan pribadi.

Jika kamu dari arah Tegal, ambil rute ke Selatan menuju Purwokerto. Kemudian setelah melewati Desa Slawi,kamu akan tiba di Kecamatan Lebaksiu dan akan menemukan Simpang Tiga. Dari simpang tersebut ambil arah ke kiri menuju Guci. Jalanan menuju Guci ini sudah mulus karena beraspal, namun berkelok kelok. Jika kamu menggunakan kendaraan umum, kamu bisa menggunakan mini bus menuju Bumi Jawa dari Slawi dengan tarif Rp.5,000. Kamu turun di Desa Tuwel dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan bak terbuka dengan tarif Rp.5,000 menuju Guci dengan jarak tempuh 30 menit.

Untuk masuk ke, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.3.100 untuk dewasa dan Rp.2.250 untuk anak anak. Sebelum memasuki objek wisata air panas ini, kamu akan melewati sawah dan perkebunan bawang merah dan sayur mayur. Guci sendiri merupakan objek wisata yang menyuguhkan nuansa pemandian air panas yang berasal dari kaki gunung. Sehingga kamu akan mendapatkan kesegaran ketika mencoba pemandian ini. Pemandian ini dinamakan pemandian Guci karena airnya ditempatkan dalam sebuah guci dan mendapatkan berkat.

Selain pemandian air panasnya yang terkenal, ternyata tempat ini juga memiliki mitos yang harus kamu ketahui. Ada sejarah yang menjelaskan tentang objek wisata ini. Konon ratusan tahun yang lalu, air tersebut diberikan oleh walin songo kepada mereka yang dipilih untuk menyiarkan agama Islam di daerah Tegal. Namun karena air yang diberikan itu jumlahnya terbatas, maka pada malam jum’at kliwon seorang Sunan menancapkan tongkatnya ke atas tanah dan terpancarlah air dengan begitu derasnya tanpa henti. Sehingga warga sekitar memiliki kepercayaan untuk mandi di pemandian ini saat malam jum’at kliwon untuk mendapatkan berkah.

Kalau kamu sudah lelah bermain di obyek wisata ini, kamu bisa menginap di sebuah penginapan seperti villa, tepatnya sekitar 5 kilometer setelah Objek Wisata Guci Tegal Jawa Tengah. Nah kamu tinggal menyesuaikan dengan budget liburan kamu. Di objek wisata ini kamu tidak hanya menikmati pemandian air panasnya saja, ada juga teh poci yang sangat terkenal. Di area ini ada 10 pemandian air panas dan yang paling terkenal adalah pemandian pancuran 13 yang terletak sekitar 1 kilometer dari objek wisata itu. Konon jika mandi di pemandian yang memiliki pancuran 13 ini, banyak penyakit yang bisa disembuhkan seperti penyakit kulit dan rematik. Untuk masuk ke objek wisata ini pun gratis, sehingga inilah alasan mengapa banyak pengunjung yang ke objek ini. Hal lain yang bisa kamu lakukan di objek wisata ini adalah melihat pemandangan hutan dan juga berkuda sambil keliling menikmati keindahan alam pegunungan.

Sumber dari nomadictrip