(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

OC Kaligis Bantah Berikan Uang Ke Ketua PTUN Medan

Rani
Rani

OC Kaligis Bantah Berikan Uang Ke Ketua PTUN Medan
WinNetNews.com - Terkait dengan pemberian uang kepada Ketua PTUN Medan, Tripeni Irianto Putro, dalam kasus suap perkara Dana Bansos, Otto Cornelis Kaligis (OC Kaligis) membantah hal tersebut.

Dalam pemeriksaan sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (11/11/15), OC Kaligis menyebutkan, "Saya dengar (kesaksian) Tripeni ada katakan konsultasi, tapi saya tidak ingat. Ketika saya tanya saksi-saksi pernah enggak lihat saya berikan uang? (Dijawab) enggak. Yang saya kasih duit itu panitera 1.000 USD, itu April."

Menurutnya, pemberian uang dilakukan sebelum Syamsir ditunjuk sebagai panitera dalam perkara pengujian kewenangan Kejati Sumut. Selain itu, dirinya juga membantah telah memberikan uang ke hakim anggota lainnya (Dermawan Ginting dan Amir Fauzi) dalam pemeriksaan permohonan.

Pemutaran sejumlah rekaman percakapan yang disadap oleh KPK juga dilakukan dalam persidangan tersebut. Yakni percakapan antara OC Kaligis dengan Moh. Yagari Bhastara alias Gary, OC Kaligis dengan Yurinda Tri Achyuni, dan OC Kaligis dengan Evy Susanti.

Pengacara kondang, OC Kaligis didakwa telah menyuap hakim dan panitera pada Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, Sumatera Utara. Dirinya tersangkut kasus bersama-sama dengan Moh. Yagari Bhastara Guntur alias Gary, Gatot Pujo Nugroho, dan Evy Susanti.

Dikutip dari detik, total Suap yang diberikan senilai USD 27.000 dan SGD 5.000. Tujuan penyuapan ini adalah untuk mempengaruhi putusan atas permohonan pengujian kewenangan Kejaksaan TInggi Sumatera Utara atas beberapa penyelidikan.

Penyelidikan tersebut terkait dengan dugaan terjadinya tindak korupsi Dana Bantuan Sosial (Bansos), Bantuan Daerah Bawahan (BDB), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), tunggakan Dana Bagi Hasil (DBH), dan Penyertaan Modal pada sejumlah BUMD pada Pemprov Sumatera Utara.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});