Oknum Dokter & Rumah Sakit Diduga Terlibat Kasus Jual Beli Ginjal

Oknum Dokter & Rumah Sakit Diduga Terlibat Kasus Jual Beli Ginjal

Jumat, 29 Jan 2016 | 16:32 | kontributor

WinNetNews.com - Tiga tersangka sudah ditahan terkait pidana jual beli ginjal, HS yang menjadi tersangka utama, AG dan D yang menjadi perekrut korban. Dalam proses jual beli ini, korban dibawa ke lab dan klinik terlebih dahulu untuk dicek kesehatannya. Setelah itu baru dioperasi untuk diambil ginjalnya. Jual beli ginjal ini bernilai ratusan juta rupiah.

Baca: AG dan DD Tersangka Kasus Transplantasi Ginjal Awalnya Adalah Pendonor

Dalam prosesnya, ada dokter dan rumah sakit sebagai tempat operasi. Tentu bukan sembarangan prosedurnya dalam urusan operasi ginjal ini. Pihak dokter dan rumah sakit pasti tahu rekam jejak dan latar belakang penjual dan pembeli ginjal serta prosesnya. Mengingat ada aturan yang mesti ditaati dalam proses cangkok ginjal.

Lalu apakah polisi ikut juga menyelidiki keterlibatan dokter dan rumah sakit?

 

"Ini masih pendalaman apakah masih ada keterlibatan dokter atau rumah sakit dalam kasus ini," jelas Kasubdit III Dit Tipidum Bareskrim Polri, Kombes Umar S Fana, Jumat (29/1/2016).

Baca: Korban Penjualan Ginjal Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Bandung

Sementara itu menurut pengacara ketiga tersangka, Osner Jhonson Sianipar, ada perjanjian dan kesepakatan yang dijalin antara pendonor dan penerima donor. Tentu bila urusan dokter dan rumah sakit dalam kesepakatan itu apakah terlibat atau tidak, semua diserahkan ke polisi.

"Pihak penyidik sudah sampai ke pengembangan di rumah sakit di Jakarta, ini untuk memanggil tim dokter-dokter tersebut," tutup Osner.

Sumber: Detik

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...