Olahraga Bisa Meningkatkan Suasana Hati?

Rusmanto
Rusmanto

Olahraga Bisa Meningkatkan Suasana Hati? ilustrasi
Winnetnews.com -  Meningkatkan suasana hati bisa dilakukan dengan olahraga secara rutin. Sebagian orang memilih olahraga baik sebelum maupun sesudah pulang kerja untuk mengurangi penat setelah bekerja seharian. Cara ini dipercaya dapat memperbaiki suasana hati dan membuat mereka lebih semangat. 

Apa kaitan olahraga dalam meningkatkan suasana hati?

Olahraga memicu tubuh juga bekerja dari dalam untuk meningkatkan suasana hati. Olahraga intens dapat memicu otak melepaskan neurotransmitter yaitu hormon endorfin. Endorfin bertugas “mengirim pesan” kepada tubuh untuk menghilangkan rasa sakit dan juga mengurangi stres. 

Dampak positif pada endorfin pada tubuh ditafsir memiliki efek yang sama dengan morfin. Euforia yang timbul seteleh olahraga secara intens membuat Anda merasa lebih berenergi dan bersemangat.

Karena efeknya membuat suasana hati lebih bahagia, olahraga menjadi “antidepresan” untuk menangani depresi dan kecemasan pada seseorang. 

Tidak hanya endorfin saja, otak juga menstimulasi pelepasan hormon dopamin, serotonin, dan noradrenalin. Ketiganya berperan penting dalam mengatur suasana hati Anda.

Meningkatkan suasana hati dengan olahraga rutin dapat memicu pelepasan serotonin. Serotonin dapat memperbaiki nafsu makan dan juga mengatur siklus tidur Anda. Dua efek tersebut menjadi faktor penting untuk menurunkan tingkat depresi.

Dopamin juga memiliki efek yang hampir sama dengan serotonin. Hormon ini membantu Anda dalam meningkatkan daya ingat, meningkatkan kesadaran, dan berkontribusi dalam memperbaiki suasana hati.

Sementara itu, hormon noradrenalin dapat menyeimbangkan hormon stres dalam tubuh, sehingga membuat suasana hati jadi lebih baik. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Brain Plasticity, menunjukkan ada perubahan suasana hati ketika seseorang berolahraga dan memiliki kaitan erat dalam penurunan tekanan stres dan emosi negatif. 

Apa Reaksi Kamu?