Olahraga Lari Bisa Turunkan Resiko Kematian Dini

Rusmanto
Rusmanto

Olahraga Lari Bisa Turunkan Resiko Kematian Dini ilustrasi

Winnetnews.com - Salah satu jenis olahraga yang digemari oleh banyak orang adaah berlari. Olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hanya saja, karena kesibukan sehari-hari, banyak orang yang baru sempat melakukannya seminggu sekali. Beruntung, pakar kesehatan menyebut meski hanya dilakukan sekali saja, hal ini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Manfaat Lari Seminggu Sekali

Berdasarkan penelitian yang diunggah hasilnya dalam British Journal of Sports Medicine, disebutkan bahwa rutin berlari sekali saja dalam seminggu sudah mampu menurunkan risiko terkena kematian dini hingga 27 persen. Jika kita melakukannya dengan frekuensi lebih sering, manfaatnya bahkan bisa lebih besar.

“Hasil penelitian ini adalah kabar baik bagi banyak orang yang sulit mendapatkan waktu untuk berolahraga secara rutin. Seberapapun sering kita berlari dalam seminggu, sudah bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Melakukannya sekali saja dalam seminggu jauh lebih baik dibandingkan dengan tidak melakukannya sama sekali,” ucap salah satu peneliti yang terlibat, Elaine Murtagh dari Mary Immaculate College, Limerick, Irlandia.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan data lebih dari 232 ribu partisipan dari 14 studi sebelumnya. Hasil dari penelitian ini adalah, 25.951 orang meninggal karena kematian dini. Mereka yang mampu menurunkan risiko terkena kematian dini rutin melakukan olahraga, termasuk yang berolahraga lari seminggu sekali saja.

Hanya saja, terdapat penelitian lainnya yang membuktikan bahwa terlalu sering berlari dalam seminggu juga bisa memberikan efek buruk. Sebagai contoh, ada penelitian yang mengungkap bahwa berlari dengan durasi total lebih lama dari 250 menit dalam seminggu justru bisa membuat manfaat kesehatannya berkurang drastis.

Apa Reaksi Kamu?