Skip to main content

Olahraga Sebelum Sarapan Ampuh Turunkan Berat Badan

Olahraga Sebelum Sarapan Ampuh Turunkan Berat Badan
Olahraga Sebelum Sarapan Ampuh Turunkan Berat Badan

WinNetNews.com - Sarapan dulu atau olahraga dulu? Pertanyaan ini menjadi perdebatan sejak lama, dan sulit dicari kesimpulannya. Namun jika yang dicari adalah menurunkan berat badan, maka sebaiknya tunda dulu sarapannya hingga selesai olahraga.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa olahraga sebelum sarapan bisa menekan nafsu makan sepanjang hari. Eksperimen pada 12 orang dewasa muda menunjukkan bahwa porsi makan siang berkurang 900 kalori ketika pagi harinya melakukan olahraga tanpa didahului dengan sarapan.

Dalam eksperimen tersebut para partisipan dibagi menjadi 2 kelompok. Satu kelompok diberi sarapan lalu diminta lari di treadmill selama 1 jam pada pukul 10.00. Kelompok yang satunya lagi melakukan olahraga yang sama, tapi tidak didahului dengan sarapan.

Dikutip dari Livescience, penelitian ini punya pengaruh besar pada upaya untuk menurunkan atau menjaga berat badan. Nafsu makan yang lebih terkontrol, dalam jangka panjang akan berpengaruh pada asupan kalori yang seimbang pula.

"Keseimbangan energi, yang adalah hubungan antara energi yang dikonsumsi dan yang digunakan, adalah persamaan sederhana di atas kertas tetapi menjadi konsep yang rumit dalam pelaksanaannya," sebut pada peneliti dalam laporan ilmiahnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top