Olahraga yang Cocok Bagi Penderita Hipertensi
ilustrasi

Olahraga yang Cocok Bagi Penderita Hipertensi

Jumat, 2 Agt 2019 | 08:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut hipertensi tidak bisa disembuhkan, tapi Anda bisa mengendalikan gejalanya. Justru kalau dibiarkan terus, tensi tinggi dapat mengakibatkan stroke, serangan jantung, dan berbagai gangguan kesehatan serius lainnya. Selain dengan menjaga pola makan sehat, Anda juga harus lebih rutin olahraga untuk menurunkan tekanan darah. Apa saja jenis olahraga yang bisa menurunkan tekanan darah?

Pilihan olahraga untuk menurunkan tekanan darah

1. Kardio

Olahraga kardio yang baik untuk membakar lemak dan menjaga kesehatan jantung. Olahraga kardio itu sendiri adalah jenis latihan yang menuntut tubuh untuk terus bergerak sehingga meningkatkan detak jantung.

Jantung tersusun dari otot-otot yang harus bergerak supaya lebih kuat dan kuat lagi. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot. 

Di saat yang bersamaan, hal ini memungkinkan sel tubuh membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan saat istirahat. Termasuk lemak yang menyumbat pembuluh darah. Inilah yang membuat kardio pilihan yang tepat sebagai olahraga untuk menurunkan tekanan darah.

Contoh latihan kardio adalah jalan kaki, jogging, menari, senam aerobik, hingga berenang.

2. Angkat beban

Prinsip kerja angkat beban untuk menurunkan tekanan darah mirip dengan olahraga kardio. Malah, angkat beban sebenarnya lebih efektif untuk membakar lemak. Penelitian Penn State melaporkan bahwa angkat beban dapat membakar lemak 3 kilogram lebih banyak ketimbang dengan olahraga aerobik (yang termasuk jenis latihan kardio).

Pakar kesehatan dan olahraga sepakat bahwa memadukan set olahraga kardio dengan angkat beban bahkan lebih efektif untuk mencapai penurunan tensi yang lebih optimal. Dilansir dari Health, penelitian dari Duke University menemukan bahwa partisipan yang melakukan sesi olahraga kombinasi kardio dan angkat beban mampu membakar lemak hingga sebanyak 7 kilogram setelah rutin olahraga selama 47 menit setiap minggu.

Anda bisa memulainya dengan angkat barbel mini di rumah atau menggunakan mesin angkat beban di gym. Namun sebaiknya mulai perlahan dan diawasi oleh pelatih pribadi. Sembarangan melakukan angkat beban yang terlalu berat malah dapat melonjakkan tekanan darah ke tingkat yang lebih berbahaya,

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...