Olahraga yang paling cepat menurunkan berat badan

Liani
Liani

Olahraga yang paling cepat menurunkan berat badan

 Aerobik memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Tidak hanya membakar lemak dalam waktu yang cepat, aerobik juga memiliki 6 manfaat lain seperti

1. Turunkan kolestrol dalam darah, cegah aterosklerosis, risiko penyakit jantung dan stroke

Latihan aerobik dapat membantu mengikis timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Kolesterol yang melebihi batas normal akan menempel pada dinding pembuluh darah, yang berakibat pembuluh darah jadi kaku/keras (aterosklerosis). Bila endapan pada pembuluh darah semakin tebal, maka aliran darah tersumbat. Jika sumbatan terjadi di jantung, menyebabkan jantung koroner. Jika terjadi di otot, menyebabkan stroke.

2. Cegah osteoporosis

Aerobik dapat meningkatkan aliran darah, yang dapat mengoptimalkan penyerapan mineral ke dalam tubuh. Sehingga dapat meningkatkan dan menjaga kepadatan tulang.

3. Cegah penuaan dini

Bagi individu yang tidak olahraga, terjadi penurunan kebugaran 8 sampai 10 persen per dekade. Bagi yang rutin aerobik, dapat menghambat penurunan tersebut 4 sampai 5 persen per dekade atau dua kali lebih lambat proses penuaannya.

4. Kurangi stres

Saat melakukan aerobik, tubuh secara alamiah memproduksi hormon endorfin yang dapat membantu kita meredam stres emosional dan mental. Endorfin adalah enzim yang dapat meningkatkan semangat, perasaan rileks, dan kenikmatan seperti morfin yang hanya diproduksi di dalam otak.

5. Cegah sakit pinggang

Delapan puluh persen dari kasus nyeri pinggang yang ditemukan dokter sering disebabkan kurangnya latihan fisik secara teratur. Latihan aerobik secara teratur mencegah terjadinya nyeri pada pinggang.

6. Lancarkan peredaran darah

Aliran darah yang lancar mengoptimalkan penyaluran nutrisi dan oksigen ke seluruh organ tubuh, sehingga organ-organ tubuh dapat melakukan fungsinya dengan optimal. Aliran darah yang lebih baik ini mendukung pemulihan latihan dan pertumbuhan otot yang lebih cepat, memperlancar proses pengiriman asam amino untuk memulihkan otot-otot yang dilatih. Dan tentunya melancarkan proses pengiriman oksigen ke otak dan sistem saraf pusat agar bisa pulih dari stres.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});