(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Opening Asian Games 2018, CCTV Pengenal Wajah dan Larangan Drone

Cindy
Cindy

Opening Asian Games 2018, CCTV Pengenal Wajah dan Larangan Drone Foto:Istimewa

WinNetNews.com- .Pembukaan Asian Games 2018 akan digelar hari ini Sabtu 18/8/2018 di Stadion Gelora Bung Karno.

Kepolisian menerapkan pengamanan empat ring pengamanan di sekitar Gelora Bung Karno untuk upacara pembukaan ajang olahraga terbesar di Asia tersebut.

Menurut Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, lapis pertama akan diamankan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres) yang akan dibantu oleh Polri. Pengamanan di wilayah ini dikhususkan untuk presiden, kepala negara dan undangan VVIP. 

"Sementara itu Ring 2 di dalam gedung GBK mulai dari outer lari. Itu menjadi tanggun jawab Polri. Untuk ring 3 itu sekitaran Senayan di luar tempat lari keluar lingkungan GBK. Itu juga ada mekanisme ada pengamanan sendiri," kata Tito. 

Sementara itu, di ring tiga, pengunjung akan mulai diperiksa baik itu pemeriksaan fisik maupun barang bawaan. Pengunjung dilarang membawa senjata api, senjata tajam, laser, dan suar. 

Pengamanan lapis empat berada di wilayah luar GBK meliputi jalan-jalan di sekitar gedung. 

Sebelumnya Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Drs. Royke Lumowa sudah menerangkan bahwa enam ruas jalan ditutup.

Posko gabungan menempatkan 700 CCTV dengan kemampuan yang sama di seluruh Jakarta, Palembang dan Bandung. Pusat perintah bersama itu melibatkan Polri, Polda, Kodam, Damkar, Pemda, ambulan, BNPB hingga SAR di satu ruangan. 

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga menjelaskan bahwa drone tidak boleh diterbangkan di dalam GBK selama upacara berlangsung. Pihaknya telah bekerja sama dengan Kominfo untuk mematikan frekuensi untuk pengendalian drone.

"Alat pengamanan di antaranya tidak akan bisa menerbangkan drone karena kami tidak mau mengambil risiko. Drone yg di atas jika ada presiden dan VIP tidka bisa diterbangkan. Kita kerjasama dengan Kominfo. Terkait dengan masalah keamanan," jelas Hadi Tjahjanto.


Setidaknya 8107 TNI, Polri pemadam kebaran, ambulan dan lainnya dikerahkan di sekitar GBK. Diperkirakan 50 ribu orang akan memadati GBK pada pembukaan Asian Games 2018 sore nanti.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});