Operasi Lasik Mata Sebaiknya Jangan Dilakukan untuk Anak, Ini Alasannya

Rusmanto
Rusmanto

Operasi Lasik Mata Sebaiknya Jangan Dilakukan untuk Anak, Ini Alasannya ilustrasi
Winnetnews.com -  Operasi lasik mata semakin populer digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan penglihatan. Lasik, sebutan lain dari laser in-situ keratomileusis dapat memperbaiki penglihatan bagi para penderita rabun jauh, rabun dekat dan silinder. Sejauh ini, operasi lasik mata memang aman dilakukan dengan tingkat keberhasilan yang juga tinggi pada orang dewasa, tapi bagaimana dengan anak-anak?

Aturan operasi lasik mata pada anak

Sebagai orang tua, mungkin Anda mempertimbangkan untuk mencoba operasi lasik agar si kecil tidak perlu lagi melihat dengan bantuan kacamata.

Namun, tentu saja tak mudah bagi orang tua untuk memutuskan hal ini. Tak jarang orang tua merasa takut jika anaknya melakukan operasi lasik, karena cemas dengan efek samping dari tindakan medis ini.

Bahkan topik ini masih diperdebatkan di kalangan optalmologis atau dokter spesialis mata. Banyak dokter yang tidak setuju untuk melakukan operasi lasik pada jaringan organ yang masih mengalami perkembangan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) sendiri melarang operasi lasik mata dilakukan pada anak berumur di bawah 18 tahun. Dr. Wayne Bizer, ketua departemen optamologi Nova-Southeastern University, menjelaskan bahwa operasi lasik mata bukan pilihan yang tepat untuk anak-anak.

Hal ini karena tingkat keberhasilan operasi lasik pada anak-anak tidak begitu kentara. Penglihatan mata anak masih belum stabil, kemungkinan penglihatannya kembali berubah setelah melakukan operasi lasik mata masih cukup besar. Bizer menambahkan, jaringan organ mata mulai terhenti perkembangannya saat seseorang mencapai umur 21 tahun.

Apa Reaksi Kamu?