Opini: Deddy Corbuzier VS Lucinta Luna, Benarkah Salah Tribun News?

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Opini: Deddy Corbuzier VS Lucinta Luna, Benarkah Salah Tribun News?
Winnetnews.com - Kontroversi yang terjadi antara Deddy Corbuzier dan Lucinta Luna berhasil mengalihkan perhatian publik dari panasnya Pilpres 2019 yang belakangan ini menjadi topik hangat untuk diperbincangkan.

Seperti yang diketahui, sosok Deddy Corbuzier dikenal sebagai penyaji dari konten-konten inspiratif melalui akun YouTube dan Instagram miliknya. Mayoritas dari konten yang diberikannya berupa kritikan-kritikan pedas terhadap berbagai wacana sosial, budaya, dan politik yang melapisi aspek kehidupan. Dengan kemampuan retorikanya dalam berbicara, Deddy pun tak luput dari pujian dan kritikan.

Terkait perseteruan antara Deddy dan ‘sosok wanita’ Lucinta Luna, berawal dari video yang diunggah Boy William melalui akun YouTube pribadinya. Dalam unggahannya tersebut Deddy Corbuzier terlihat nyaman mengutarakan pengalaman serta pendapatnya mengenai acara di salah satu stasiun televisi Hitam Putih.

Setelah kurang lebih 8 tahun lamanya menjadi presenter acara tersebut Deddy dengan santai mengungkapkan deretan selebritis yang ia rasa tidak akan diundang sebagai bintang tamu untuk acara yang dipandunya tersebut.

Drama ini bermula dari vlog ‘Nebeng Boy’ milik Boy William yang mampu menjadikan ‘sosok wanita’ Lucinta Luna sebagai pemikat kontennya tersebut. Digandeng oleh pernyataan Deddy yang menyebutkan Lucinta Luna sebagai selebriti yang tidak akan ia undang, Boy bisa disebut ‘menang banyak’ di sini.

Sisi optimis Deddy dalam pernyataan bahwa Lucinta Luna bukanlah sosok yang akan sengaja ia undang di dalam acaranya merupakan daya tarik untuk publik merasa penasaran.

“Lucinta Luna, dia enggak akan pernah ada di acara gue. No, no, kecuali kalau gue khilaf, tapi no,” ucapnya.

“Gue tidak ada masalah pribadi dengan Lucinta Luna, gue hanya merasa bahwa Hitam Putih bukan panggungnya dia,” yakin Deddy.

Nah, ungkapan Deddy di atas ternyata dijadikan bahan berita oleh Tribun News, karena topik Lucinta Luna memang selalu berhasil menjadi perbincangan netizen belakangan ini di berbagai media.

Bukan yang pertama, Tribun News sudah sering kali tertangkap mengulas ulang berita lama untuk dijadikan berita terkini. Tak hanya itu saja, artikel yang dikeluarkan oleh pihak tersebut terlalu sering mengandung ketidakselarasan antara judul dan isi.

Dengan menggunakan judul artikel yang tidak menyenangkan bagi Lucinta Luna, ‘sosok wanita’ ini secara spontan mengungkapkan perasaanya melalui unggahan yang berupa kalimat melalui Instagram Stories miliknya. Seperti sedang meluapkan emosinya, Lucinta Luna beri ancaman kepada Deddy agar meminta maaf kepada dirinya.

“Bener-bener ya gue merasa dipermaluin lagi. Buat kau ya @mastercorbuzier awas ketemu, liat aja dalam waktu dekat ini, gue tantang ketemu buat klarifikasi,” tulis Lucinta Luna lewat Instagram Stories-nya. Jadi hari munggu, pokoknya kalau kamu sampai enggak bales DM aku dari pagi.

Seakan sengaja menyisakan tanda tanya kepada publik, Lucinta Luna tidak menyertakan alasan atas rasa amarahnya kepada presenter Hitam Putih itu. Ia hanya mengaku bahwa dirinya telah dipermalukan oleh mantan mentalis itu.

“Okay, sekadar klarifikasi dari seseorang yang katanya ditakuti oleh semua netizen. Netizen kalau misalnya komen di lapaknya selalu takut. Tapi buat ratu enggal takut sama kamu. Jadi aku udah DM kan,  tapi kamu enggak bales,” lanjutnya lagi.

“Nanti lihat aja ya buat Master Deddy Corbuzier, kamu harus minta maaf sama aku, klarifikasi karena kamu sudah permaluin aku,” ungkapnya lagi.

Tak hanya sampai di situ saja, amarahnya pun ia realisasikan dengan menemui Deddy secara mendadak sambil melakukan Live Instagram di akun pribadinya.

Pertengkaran antara dua pihak ini pun semakin tegang, dan tak ada satu pun di antara mereka yang mengaku salah. Kedatangan Lucinta Luna justru menjadi boomerang untuk beberapa warganet karena tindakan tersebut sangatlah berlebihan.

Seperti habis kesabaran. Deddy pun angkat bicara perihal ini "Nih ya dengerin ya, lo live kayak gini jadi drama. Gura seumur-umur enggak pernah kayak gini loh. Kalau mau ribut-ribut tapi enggak kayak  gini caranya.” ungkap Deddy

Deddy pun memberikan klarifikasi mengapa Lucinta Luna tidak diperbolehkan untuk masuk ke acaranya.

“Gue enggak sebut nama lo, itu di Channel Boy William dia nanya artis yang enggak bisa masuk ke Hitam Putih. Gue ditanya Boy William jawabannya begitu salahnya dimana? Lo nyadar diri kenapa lo enggak bisa masuk,” ujar Deddy kepada Lucinta.

Namun, melihat tindakan serta tangis Lucinta Luna saat itu, akhirnya Deddy menyampaikan permintaan maafnya dan mengunggah klarifikasinya melalui kanal YouTube pribadinya. Di dalam video tersebut ia menyebutkan bahwa Tribun News lah yang dianggap salah karena judul artikel yang tidak pantas dan tidak sesuai fakta, terlebih lagi pihak Tribun News memang tidak pernah melakukan wawancara secara langsung mengenai hal tersebut.

Deddy juga mengakui keputusan untuk tidak mengundang Lucinta Luna tersebab adanya peraturan yang ditetapkan oleh KPI. Keputusan tersebut telah dikeluarkan, bahwa per 23 Februari 2016, agar semua lembaga penyiaran untuk tidak menayangkan pria dengan tampilan seperti wanita, baik itu secara perilaku, pakaian ataupun juga tutur kata, sebagai host, talent, dan juga pengisi acara lainnya baik itu sebagai pemeran utama ataupun juga sebagai pendukung.

Untuk itu, Deddy menyatakan polemik yang terjadi antara dirinya dan Lucinta Luna disebabkan oleh pemberitaan yang disebarkan oleh pihak Tribun News. 

"Tribun News, drama ini anda yang buat!," tegas Deddy dalam Video tersebut.

"Setingan ini, anda yang buat!," tambahnya.

Walaupun begitu, jika kita teliti terhadap perseteruan yang melibatkan tiga pihak ini, pasti dapat mengambil kesimpulan masing-masing. Dimana ada pihak-pihak yang telah diuntungkan oleh media dan juga media yang terlalu ‘ngasal’ untuk mendapatkan keuntungan dari pembaca dan juga pada akhirnya antara Deddy Corbuzier dan Lucinta Luna bisa mendapatkan keuntungan lain melalui kolaborasi yang nantinya akan dilakukan oleh Deddy Corbuzier dan juga Lucinta Luna pasca 'tragedi' perseteruan ini.

 

 

Apa Reaksi Kamu?