Orang Dewasa Juga Bisa Ngompol, Berikut untuk Mengatasinya

Rusmanto
Rusmanto

Orang Dewasa Juga Bisa Ngompol, Berikut untuk Mengatasinya ilustrasi
Winnetnews.com -  Umumnya mengompol adalah kebiasaan anak kecil di malam hari, namun terdapat beberapa kasus orang dewasa yang masih ngompol. Mengompol disebut juga dengan enuresis, pada orang dewasa dapat menjadi indikasi gejala penyakit serius. Ketahui penyebab ngompol, cara mengatasi ngompol pada orang dewasa secara alami, dll.

Apa Itu Enuresis?

Enuresis adalah istilah medis untuk mengompol. Terdapat dua jenis enuresis, yaitu:

  • Enuresis Nokturnal: Kebiasaan mengompol di malam hari yang umum terjadi.
  • Enuresis Diurnal: Kebiasaan mengompol di siang hari.

Mengompol adalah kondisi yang paling umum terjadi pada anak-anak karena kandung kemih mereka masih berkembang untuk memberi sinyal ingin buang air kecil dan sebagian besar anak-anak belum belajar bagaimana caranya menggunakan kamar mandi di malam hari.

Apabila pada anak-anak kebiasaan mengompol tidak menjadi masalah, bagi orang dewasa kebiasaan mengompol mungkin menjadi tanda-tanda penyakit serius yang harus segera ditangani. Menurut penelitian, 1-2% orang dewasa masih mengompol terkait dengan kondisi medis yang mereka alami.

Berdasarkan National Association for Continence, terdapat sekitar 3% wanita dan laki-laki dewasa berusia di atas 18 tahun yang mengalami enuresis nokturnal terkait kondisi medis. Kebiasaan mengompol pada orang dewasa ini juga mengganggu kondisi psikologis mereka.  

Apa Reaksi Kamu?