Orang Gemuk Dipecat Air India

Orang Gemuk Dipecat Air India

 

Wingamers.com - Orang gemuk dipecat Air India. Tahun ini 130 awak kabin Air India dipecat karena kegemukan. Ini bukan kebijakan baru sebab tahun lalu 600 awak kabin dipecat juga.

Direktoral Jenderal Penerbangan Sipil India (DGCA) mengeluarkan pedoman tentang kebugaran dan menyatakan bahwa awak kabin perempuan dengan BMI (body mass index) antara 18 dan 22 adalah “normal”; antara 22 dan 27 adalah “kelebihan berat badan”; dan lebih dari 27 adalah “gemuk”. Sementara pria dianggap “normal” jika BMI-nya antara 18-25.

Seperti dilansir Mashable, serikat pramugari tentu saja mempertanyakan pedoman yang diluncurkan oleh DGCA itu. Mereka diberi pilihan: dipindahkan atau pensiun dini.

“Para karyawan ini sudah diberi kesempatan sebanyak 18 kali untuk memenuhi target BMI yang diperlukan tapi gagal. Pilihannya adalah kami akan mencari pengganti mereka,” ujar juru bicara Air India.

Standar BMI yang dipatok DGCA hingga saat ini masih menjadi perdebatan karenaberbeda dengan standar milik Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat. Menurut Departemen Kesehatan AS, BMI normal adalah 18,5-24,9; 25-29,0 kelebihan berat badan; 30 lebih obesitas. Berdebatan juga menyoal tentang menggunakan BMI untuk menentukan apakah seseorang kelebihan berat badan atau tidak.

Tapi Air India bersikukuh bahwa BMI menyiratkan kesehatan dan kebugaran awak kabinnya. “Orang yang bugar dapat merespon lebih cepat dan lebih efisien jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” tambah salah seorang pejabat Air India. Diskriminasi atau bukan, terlalu gemuk memang berbahaya untuk kesehatan.