Orang Indonesia Menghabiskan 5 Jam Sehari Di Depan Smartphone

Orang Indonesia Menghabiskan 5 Jam Sehari Di Depan Smartphone

 Wingamers.com - Orang Indonesia menghabiskan 5 jam sehari di depan smartphone. BBC Indonesia mewartakan sebanyak 61% masyarakat kota di Indonesia memiliki ponsel pintar dan menggunakannya selama 5,5 jam sehari, menurut riset yang dilakukan Google dan GfK.

Survei yang dilakukan di lima kota, yaitu Jakarta, Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Bandung, Semarang dan Surabaya juga menunjukkan bahwa warga kota bisa menggunakan 16 aplikasi atau situs tiap hari.

Hal ini menurut Liputan6.com merupakan temuan yang dinilai luar biasa karena selangkah lebih maju jika dibandingkan dengan survei penggunaan PC di Indonesia yang hanya terpatok di 17 persen pengguna dengan total waktu online 1,8 jam per harinya.

Riset ini, seperti dilansir oleh CNN Indonesia, dilakukan GfK yang disponsori oleh Google, kepada 2.500 responden secara tatap muka pada November 2014 sampai Februari 2015 di lima kota besar di atas. Kemudian, GfK meminta izin kepada 600 responden untuk melakukan riset lanjutan melalui aplikasi yang diunduhnya di ponsel.

Selain itu Merdeka.com juga mencatat bahwa penggunaan smartphone masyarakat perkotaan masih didominasi untuk penggunaan sosial media dengan prosentase 86 persen. Sementara 81 persen untuk pencarian informasi, 78 persen berbelanja, 73 persen untuk entertainment, dan penggunaan untuk komunikasi 60 persen.

Maka jangan terlalu lama di depan smartphone, jangan lupa bahwa kehidupan nyata ada di luar alat sebesar genggaman tangan.