Orang Ini Sebut Normalisasi Sungai Hanya Bikin Monas Hanyut

Orang Ini Sebut Normalisasi Sungai Hanya Bikin Monas HanyutSumber : Istimewa

Winnetnews.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menghadiri acara festival yang menyuguhkan budaya Betawi dan lingkungan hidup di Hutan Kota Sangga Buana, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Sabtu (17/3/2018).

Sandiaga mengatakan, hutan kota tersebut adalah salah satu contoh naturalisasi yang ingin dikerjakan Pemprov DKI Jakarta terhadap sungai maupun kali di Jakarta.

Hutan Kota Sangga Buana merupakan garapan Chaerudin atau yang biasa disebut Babeh Idin, dengan menaturalisasi Kali Pesanggrahan yang mengalir di lokasi tersebut.

"Sekali lagi ini kreasi dari Babeh Idin yang patut kita apresiasi. Dan mudah-mudahan bisa melestarikan hutan, melestarikan budaya Betawi, dan juga mampu meningkatkan ekonomi rakyat. Dan ini wujud nyata konkret hasil dari kerja sama kolaborasi dan partisipatif," tutur Sandiaga Uno.

Babeh Idin sebagai penggagas naturalisasi Kali Pesanggrahan tersebut menuturkan, Jakarta harus dinaturalisasi, bukannya dinormalisasi atau betonisasi.

"Naturalisasi harus. Kalau dibetonisasi silakan tunggu Monas hanyut, Istana pindah ke Pulau Seribu. Jadi normalisasi tentang naturalisasi ekosistem peradaban. Ini yang kita bangun tentang kehidupan masa depan. Jadi saya minta bagaimana dengan itu peresapan air harus dipertahankan," papar Babeh Idin.

"Dari Pemprov menurut saya harus ada kearifan ya, bahwa ada yang bisa dinaturalisas dan ada yang bisa dinormalisasi," sambungnya.