Orang Tinggi Cenderung Langsing

Orang Tinggi Cenderung Langsing

 

Wingamers.com - Orang tinggi cenderung langsung. Riset terbaru menjelaskan kenapa orang-orang dari negara-negara Skandinavia, seperti Swedia dan Norwegia, cenderung tinggi-tinggi dan langsing. Seperti dilansir dari Live Science, riset dari University of Queensland Australia melihat tinggi badan rata-rata dan tingkat saat mereka bakal terkena sejumlah penyakit.

Dalam riset baru itu, peneliti memeriksa data dari studi genetik sebelumnya yang mengestimasi relasi antara karakteristik fisik orang-orang, seperti tinggi badan dan perbedaan daerah dalam genom mereka. Studi baru ini diterbitkan pada jurnal daring bulan September, Nature Genetics.

Periset kemudian menggunakan data itu untuk memprediksi tinggi dan indeks massa tubuh 9.400 orang yang berasal dari 14 negara Eropa didasarkan hanya pada informasi genetik mereka.

Mereka menemukan, secara umum, masyarakat yang memiliki gen yang ada hubungannya dengan tubuh tinggi juga memiliki lebih banyak gen yang terkait dengan indeks massa tubuh lebih rendah. Penemuan ini menyimpulkan perbedaan pola makan dan gaya hidup lebih menentukan daripada faktor genetik dalam menentukan perbedaan indeks massa tubuh sebuah bangsa.

Kendati demikian, perbedaan genetik antar-negara yang ditemukan periset dalam studi ini "lebih besar dari yang diharapkan". "Artinya, hal ini mungkin merupakan hasil dari seleksi alami yang terjadi di pada masa lalu pada tinggi dan berat badan