PA 212 Tantang Fadli Zon dan Fahri Hamzah Tolak Bintang Tanda Jasa dari Jokowi
Foto: AyoSemarang

PA 212 Tantang Fadli Zon dan Fahri Hamzah Tolak Bintang Tanda Jasa dari Jokowi

Selasa, 11 Agt 2020 | 17:00 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan penghargaan Bintang Mahaputera Naraya untuk Fadli Zon dan Fahri Hamzah. Namun menurut Persaudaraan Alumni (PA) 212, Fadli dan Farhri harus menolak penghargaan itu.

"Jika beliau istikamah (konsisten) dalam barisan perjuangan bersama imam besar Habib Rizieq Syihab, harusnya menolak," kata Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif, Selasa (11/8).

PA 212 serta Fadli Zon dan Fahri Hamzah memang sebelumnya sempat berada di kubu yang sama, sebelum akhirnya dinamika politik yang terus berubah.

"Tapi memang tidak mudah istikamah dalam berjuang," kata Slamet.

Penghargaan itu rencananya akan diberikan Jokowi kepada Fadli dan Fahri pada 17 Agustus mendatang. Terkait itu Slamet berharap Fahri dan Fadli menolak pemberian tanda kehormatan itu. Fahri dan Fadli yang dikenal Slamet adalah sosok idealis.

"Yang kita kenal dulu, beliau berdua adalah sosok idealis dan punya prinsip," kata Slamet.

Baik Fadli Zon maupun Fahri Hamzah keduanya dikenal aktif mengkritik pemerintahan Presiden Jokowi saat mereka masih  Wakil Ketua DPR periode 2014-2019. Fadli Zon, yang kini menjadi anggota DPR Komisi I, menilai penghargaan itu merupakan sebuah kehormatan baginya.

"Ya tentu saya kira itu sebuah penghargaan dari negara ya, jadi bagi saya itu sebuah kehormatan," kata Fadli Zon saat dihubungi, Senin (10/8).

Fahri Hamzah mengungkapkan, pertama kali ia mendapat kabar akan mendapat penghargaan tersebut adalah dari Setjen DPR RI. Fahri Hamzah menyebut bintang tanda jasa ini terkait dengan purnatugasnya sebagai pimpinan DPR. Dia juga sudah 15 tahun menjadi anggota DPR.

"Dan dalam perspektif pemberitahuan DPR kepada kami bahwa itu pengusulannya karena melengkapi periode memimpin kelembagaan negara, yaitu DPR," kata Fahri Hamzah saat dimintai konfirmasi, Senin (10/8)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...