Pabrik Obat Antikanker di Indonesia Resmi Dibuka

Daniel
Daniel

Pabrik Obat Antikanker di Indonesia Resmi Dibuka CKD OTTO

Winnetnews.com - Sebuah pabrik obat antikanker pertama di Indonesia telah dibuka. Ini merupakan hasil dari kerja sama antara perusahaan farmasi Korea Selatan, Chong Kun Dang (CKD Pharma) dan OTTO Pharmaceutical – anak perusahaan lokal Menjangan Sakti (Mensa) Group.

Pabrik obat antikanker pertama di Indonesia tersebut terletak di Cikarang, Jawa Barat. Nantinya pabrik tersebut bakal memproduksi obat seperti Oxaliplatin, Gemcitabine, dan Docetaxel. CKD OTTO Pharma sendiri sudah menerima sertifikat halal.

“Pada Februari 2019., CKD OTTO Pharma telah menerima sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), yang menjadikan kami perusahaan farmasi pertama untuk produk onkologi dengan sertifikasi halal di Indonesia,” jelas Presiden Direktur PT CKD OTTO Pharma, Baik In Hyun seperti dikutip dari Kompas.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek yang juga hadir dalam persemian pabrik tersebut mengatakan obat hasil produksi bakal diekspor ke luar negeri. Produksi lokal juga akan menekan pengeluaran negara untuk pembiayaan layanan kesehatan, terutama soal kanker.

“Saya harapkan pengobatan cancer dasarnya harus diteken dengan obat yang dari negeri kita sendiri. Kita mikir bagaimana mengatasi defisit BPJS,” terang Nila.

Apa Reaksi Kamu?