Pagilaran, Kebun Teh di Pantai Utara Jawa

Pagilaran, Kebun Teh di Pantai Utara Jawa

Senin, 25 Jan 2016 | 15:07 | Dani Gunawan
WinNetNews.com - Pantai Utara Jawa tidak hanya dikenal dengan musik dangdut dan wisata pantainya, namun juga terdapat bukit-bukit yang dijadikan perkebunan pohon teh sejak jaman Belanda dulu. Salah satunya adalah kawasan agrowisata pohon teh Pagilaran. Berada tidak jauh dari kota kabupaten Batang, Jawa Tengah perkebunan teh Pagilaran ini hanya berjarak 36 Km dengan jarak tempuh 1 jam. Tepatnya di kecamatan Blado. Agrowisata kebun teh Pagilaran seluas 1.113,25 ha dikelola oleh PT. Pagilaran dari Yogyakarta. Dari perkebunan teh yang berada pada 1.000mdpl ini pengunjung wisata dapat melihat indahnya Gunung Kemulan yang sering nampak berselimut kabut.

Setiap akhir pekan, biasanya agrowisata Pagilaran ini ramai dikunjungi wisatawan baik yang berasal dari wilayah Batang, Pekalongan, Pemalang maupun dari daerah lainnya. Beragam aktivitas yang dapat diikuti pengunjung diantaranya wisata petik daun teh, melihat proses penimbangan pucuk daun teh dan proses pengeringan pembuatan teh. Agrowisata ini juga dilekngkapi dengan sarana aktivitas lain seperti kolam renang, flying fox, flying goyang, jembatan laba-laba dan wall climbing, playground anak, kebun binatang mini dan camping area. Agrowisata Pagilaran juga menyediakan wisata pendidikan seperti field trip, kunjungan ilmiah, studi tour dan karya wisata. Pengunjung agrowisata ini juga dapat menikmati telaga biru dan air terjun buatan di sekitar perkebunan sambil menikmati teh hitam Pagilaran yang dapat dibeli di warung sekitar agrowisata.

Bagi mereka yang ingin menikmati udara dingin disekitar perkebunan teh ini lebih lama, tersedia juga penginapan berupa villa dan homestay baik yang dikelola oleh Agrowisata Pagilaran maupun oleh warga sekitar. Penginapan ini dikenai tarif sesuai oleh masing-masing pengelola dan tergantung luasnya kamar/villa yang digunakan. Selain penginapan, banyak juga rumah makan yang menjual makanan enak juga suasana pemandangan perkebunan teh, udara segar dan hijaunya bukit-bukit disekitar pagilaran ini. Untuk mencapai lokasi Agrowisata Pagilaran selain mengunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil juga dapat menyewa kendaraan umum di pasar kecamatan Blado.(RKE)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...