Pakai Atribut 'Turn Back Crime' Bisa Dipenjara 3 Bulan? Ini Kata Kapolri

Rani
Selasa, 24 Mei 2016 15:45 WIB
Oleh Rani pada Selasa, 24 Mei 2016 15:45 WIB
Image Pakai Atribut 'Turn Back Crime' Bisa Dipenjara 3 Bulan? Ini Kata Kapolri

WinNetNews.com - Baru-baru ini muncul kabar yang menyebutkan ada larangan penggunaan kaos dengan atribut Turn Back Crime (TBC) yang banyak diburu oleh masyarakat. Kabar menyebutkan ada perintah untuk melakukan penangkapan atas warga sipil yang menggunakan kaos dan atribut Turn Back Crime (TBC) yang jadi populer sejak kaos Turn Back Crime ini sering dipakai oleh anggota polisi ketika bertugas menyelidiki atau mengungkap suatu kasus.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti pun menjelaskan bahwa atribut dan kaos turn back crime (TBC) bukan merupakan seragam polisi. Sehingga penggunaannya tidak dilarang oleh warga sipil. Badrodin menjelaskan bahwa Turn Back Crime merupakan moto dari Interpol, dan merupakan sebuah upaya dan semangat bahwa kejahatan harus dicegah dan diberantas.

"Jadi Interpol justru mengapresiasi sosialisasi Turn Back Crime. Mulai dari pesawat Air Asia yang mensponsori TBC sampai memasyarakatnya ke anak muda. Diharapkan sebetulnya bukan TBC sebagai uniform tapi TBC sebagai moto, bahwa kejahatan harus dicegah dan diberantas justru jangan sampai menggunakan atribut lambang itu kemudian digunakan untuk kejahatan, ini malah sebaliknya. Karena itu saya minta media juga sosialisasikan TBC bukan uniform tapi motonya dari interpol," urai Badrodin.

Turn Back Crime adalah motto Interpol, bahwa setiap orang harus ikut bersama-sama memerangi kriminalitas.

Badrodin juga menyampaikan, selama ini dia melihat aspek positif dari 'mewabahnya' dan semakin banyaknya orang yang memakai kaos Turn Back Crime.

"Saya tidak bisa melihat dampak negatif, saya melihat dampak positif," terang Badrodin usai memberikan arahan ke perwira di Polda Metro, Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Badrodin menegaskan, dia melihat fenomena di mana-mana ada masyarakat yang memakai kaos Turn Back Crime.

"Setiap orang pakai TBC, mengingatkan dia bahwa kejahatan harus dicegah dan ditanggulangi," tegas dia.

 

Seperti diketahui, belakangan beredar pesan berantai yang berisi tentang larangan penggunan atribut Turn Back Crime.

Berikut isi pesan berantai yang beredar di masyarakat:

mohon ijin share rekan2 dan senior.

'Selamat sore....!!!

Hati" pake baju Turn Back Crime.

Kapolri memerintahkan tangkap dan penjarakan 3 bulan bagi warga sipil yg kedapatan memakai atribut polri terutama baju dinas resmi polri kaos biru dongker bertuliskan Turn Back Crime polisi.

Beberapa modus pemalakan terjadi karena pelaku menggunakan kaos Turn Back Crime polri.

Bagikan info ini agar kawan" dan saudara" kita mengerti dan tidak kena razia paminal propam mabes Polri'

Waspadai Bumbu Masakan Ini
Gol Bunuh Diri Jadi Top Skor di Piala Dunia 2018

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.