Pakai Belangkon, Menteri Anies Pimpin Upacara Hardiknas

Pakai Belangkon, Menteri Anies Pimpin Upacara Hardiknas

WinNetNews.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016 di halamam kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (2/5/2016) pagi.

Upacara tersebut dipimpin oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dan dihadiri oleh seluruh staf dan karyawan Kementerian, perwakilan siswa dari Sekolah Menengah Atas di Jakarta, perwakilan guru dan perwakilan kepala sekolah.

Upacara kali ini berbeda dari biasanya. Seluruh peserta menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah, antara lain pakaian adat Jawa, Betawi, Baduy, Sumatera Barat.

Anies Baswedan menggunakan pakaian adat Yogyakarta yang dibalut dengan setelan jas berwana hitam.

 

Staf biro komunikasi dan layanan masyarakat Kemendikbud Dany Brahmantyo mengatakan bahwa penggunaan pakaian adat dalam upacara kali ini merupakan instruksi Mendikbud. Hal itu sebagai simbol bahwa pendidikan merupakan bagian dari kebudayaan yang beragam.

"Upacara Hardiknas kali ini mewajibkan semua peserta menggunakan pakaian adat karena kami ingin meningkatkanawareness tentang beragamnya kebudayaan di Indonesia," ujar Dany.

Dalam kesempatan itu, Menteri Anies memberi penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 246 pegawai negeri sipil di lingkungan Kemendikbud.

Sumber dari Kompas, Jakarta

Foto: Kristian Erdianto.