Pakai Bra Kawat saat Hamil, Aman Gak?

Pakai Bra Kawat saat Hamil, Aman Gak?

Kamis, 31 Agt 2017 | 15:59 | kontributor

winnetnews.com - Ketika usia kehamilan bertambah, maka payudara pun ikut membesar. Ini menjadi saat tepat membeli bra baru dengan ukuran yang sesuai. Untuk kamu yang terbiasa menggunakan bra berkawat, mungkin jadi bertanya-tanya apakah aman untuk menggunakannya saat hamil.

Selama kehamilan, payudara akan mengalami peningkatan rata-rata sebesar 5 cm dan 140 gram. Adanya perubahan pada payudara ini, membuat kamu harus lebih memperhatikan penggunaan bra.

Payudara mengalami perubahan mulai pada minggu ke-6 masa kehamilan, kemudian terjadi pembesaran serta tekanan di payudara pada tiga bulan pertama kehamilan. Payudara akan menjadi lebih keras karena sistem saluran susu mulai berkembang. Pembuluh darah vena di bawah kulit semakin terlihat, sebab ada peningkatan suplai darah untuk membantu dalam menyiapkan air susu untuk makanan bayi.

Inilah saat yang tepat menggunakan mencari bra khusus hamil, yaitu bra yang dirancang dapat memberikan kenyamanan dan mendukung pertumbuhan payudara dalam beberapa bulan ke depan.

Sebagian wanita merasa lebih nyaman tidak menggunakan bra ketika hamil. Sementara sebagian lagi, masih senang menggunakan bra berkawat. Meski penggunaan bra berkawat tidak berbahaya bagi wanita hamil, namun kamu dapat merasa tidak nyaman karena adanya perubahan bentuk payudara tersebut.

Dokter juga tidak menyarankan memakai bra berkawat saat hamil, karena kawat pada bra dapat mengganggu perubahan alami bentuk dan ukuran payudara. Selain itu, kawat juga bisa menghambat aliran darah yang meningkat atau menekan sistem saluran susu yang sedang berkembang, sehingga dapat meningkatkan risiko terkena radang payudara atau mastitis.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...