Pakai Kacamata, Bikin Penglihatan Tambah Buruk atau Lebih Baik?
Foto: Istimewa

Pakai Kacamata, Bikin Penglihatan Tambah Buruk atau Lebih Baik?

Kamis, 23 Mar 2017 | 11:32 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Beberapa orang menggunakan kacamata karena sulit untuk melihat jelas. Tapi sebagian lagi tidak. Masalah ini berkisar dari kenyamanan, gaya, atau bahkan ketakutan bahwa memakai kacamata akan memperburuk penglihatan kita. Ketika kita tumbuh tua, penglihatan kita mulai memburuk, tetapi memakai kacamata, dan lebih berkaitan dengan efek penuaan.

Dalam video SciShow , "Apakah Kacamata Merusak Penglihatan Kamu?" tuan rumah Hank Green menjelaskan gagasan bahwa kacamata menyakiti penglihatan kita adalah sebuah mitos. Ada dua alasan yang berbeda mengapa orang memakai kacamata - jika kita rabun jauh, atau rabun dekat, dan kita berpandangan jauh. Individu dengan rabun akan memiliki bola mata yang terlalu panjang, di mana cahaya difokuskan di depan retina, yang memungkinkan mereka untuk melihat dari dekat, tapi mereka berjuang untuk melihat kejauhan.

Mereka yang berpandangan jauh akan memiliki bola mata yang terlalu pendek, dan cahaya difokuskan di belakang retina, yang hanya memungkinkan mereka untuk membaca tanda setengah jalan, tetapi tidak secara langsung di depan mereka." katanya, seperti dikutip dari Medicaldaily .

Kacamata bekerja dengan melakukan apa yang bola mata bentuk saat melakukan tugasnya, yang memungkinkan untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke mata langsung ke retina untuk melihat gambar yang tajam. Mereka membantu mengurangi ketegangan berlebihan pada otot mata kita. Sebuah kesalahpahaman umum tentang penglihatan yang buruk adalah bahwa hal itu karena otot mata yang lemah, namun pada kenyataannya, otot mata kita menekuk lensa lebih atau kurang untuk dicoba, dan fokus cahaya ke tempat yang tepat. Otot-otot ini hanya bisa membedakan atau beristirahat saat begitu banyak yang memuat pada mata.

Dekade yang lalu, dokter mata akan meresepkan kacamata untuk anak-anak rabun jauh yang di bawah kebenaran, atau hanya akan memperbaiki sebagian penglihatan mereka agar tak terlalu buruk. Hal ini karena pada anak-anak, mata mereka masih terus berkembang, dan biasanya masuk lagi saat tumbuh di tengkorak. Pada anak-anak yang rabun jauh, dokter takut ini bisa membuat miopia buruk.

Pada tahun 2002, percobaan klinis menemukan anak-anak yang diberi lensa yang tidak benar, akan membuat penglihatan menjadi lebih buruk. Hasilnya begitu mencolok, para peneliti harus berhenti dari studi awal karena alasan etika. Oleh karena itu, tidak ada bukti kesalahan itu membantu, dan dokter mata telah berhenti mempraktekkan ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...