Pakai Kondom Seks Jadi Kurang Nikmat? Berikut Ini Ulasannya

Rusmanto
Rusmanto

Pakai Kondom Seks Jadi Kurang Nikmat? Berikut Ini Ulasannya ilustrasi
Winnetnews.com -  Sebagian pasangan lebih memilih untuk tidak menggunakan kondom saat seks karena mengurangi kepuasan seksual. Kondom sendiri merupakan alat kontrasepsi dan proteksi yang lebih mudah didapatkan dengan harga terjangkau. 

Sebagian pasangan sadar bahwa kondom memiliki fungsi penting. Tapi ada juga pasangan yang menolak untuk memakainya dengan alasan tidak nikmat saat berhubungan intim. 

Namun, apakah betul menggunakan kondom dapat menurunkan rasa nikmat saat melakukan hubungan seks?

Pengaruh menggunakan kondom dengan kepuasan seks

Kondom merupakan alat kontrasepsi berbahan lateks yang berfungsi untuk mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual. Kondom diciptakan sedemikian rupa untuk menampung semen saat ejakulasi dan menghindari cairan semen masuk ke dalam vagina.

Meski bisa diperoleh di manapun, ada saja pasangan yang menolak untuk menggunakan kondom saat seks. Sebuah penelitian dari Emory University mengungkapkan, sepertiga pria hilang ereksi setelah mereka mengenakan kondom. 

Hasil dari penelitian ini cenderung bias, karena menguburkan pesan penting untuk melakukan hubungan intim dengan aman.

Adapun penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Arch Sex Behav menjabarkan mengenai pengaruh kondom dan kepuasan seksual. Studi ini melibatkan 115 partisipan perempuan dan laki-laki yang bersedia mengisi kuesioner tentang kepuasan seksual selama 3 bulan sebelumnya saat memakai kondom. 

Hasil menyebutkan bahwa pria lebih menyukai seks tanpa menggunakan kondom. Hal yang sama juga diungkapkan oleh wanita dalam penelitian ini.

Secara keseluruhan, studi menyebutkan skor penurunan kepuasan seksual pria lebih besar dibandingkan wanita. Pada topik ini, wanita mengalami penurunan kepuasan seksual sebesar 8% saat menggunakan kondom, sementara 30% pada laki-laki.

Melalui penelitian tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa menggunakan kondom lateks dapat menurunkan kepuasan seks karena membatasi sentuhan kulit secara langsung (taktil). 

Kembali lagi pada fungsi kondom itu sendiri, pasangan perlu menyadari bahwa kondom sebagai tindakan pencegahan kehamilan dan juga penyakit menular seksual. Terutama pada pasangan dengan HIV.

Apa Reaksi Kamu?