Pakai Softlens Di Musim Panas, Ini yang Harus Diperhatikan

Rusmanto
Rusmanto

Pakai Softlens Di Musim Panas, Ini yang Harus Diperhatikan ilustrasi
Winnetnews.com -  Bagi sebagian orang, softlens atau lensa kontak bukan cuma sebagai pengganti kacamata tetapi juga menunjang penampilan. Namun agar tetap aman dan nyaman, ada beberapa aturan perlu diperhatikan saat pakai softlens. Aturan ini penting diterapkan terutama saat cuaca sedang panas-panasnya.

Aturan pakai softlens saat cuaca panas

Saat cuaca panas, paparan sinar matahari cenderung lebih terik dari biasanya. Udara sekitar juga terasa lebih kering. Ini membuat mata cenderung cepat kering dan rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV.

Untuk menghindari berbagai masalah yang tak diinginkan, coba terapkan berbagai tips berikut ini:

1. Gunakan softlens dengan perlindungan sinar UV (UV protection)

Dilansir dari American Optometric Association, paparan sinar UV berlebih pada mata bisa menyebabkan berbagai masalah. Radiasi UV-A dan UV-B berlebih dalam waktu singkat bisa membuat mata mengalami fotokeratitis.

Kondisi ini biasanya ditandai dengan gejala seperti mata merah, mata terasa berpasir atau mengganjal, hingga sensitivitas terhadap cahaya yang meningkat.

Selain itu, semakin lama mata terpapar radiasi matahari langsung, semakin besar pula risiko Anda terkena katarak atau degenerasi makula di kemudian hari.

Untuk mencegah dan mengurangi bahaya paparan matahari pada mata, ada baiknya memilih produk softlens yang dilengkapi dengan UV protection. Jangan abaikan aturan yang satu ini saat pakai softlens di cuaca panas.

Apa Reaksi Kamu?