Pakai Wallpaper Dinding? Jangan Khawatir, ini Tips Membersihkannya!

Pakai Wallpaper Dinding? Jangan Khawatir, ini Tips Membersihkannya!

Jumat, 25 Nov 2016 | 16:05 | Contributor-7

WinNetNews.com - Kertas dinding (wallpaper) sering menjadi pilihan pengganti cat dinding. Kelebihannya adalah pilihan corak dan motif yang lebih beragam, daripada harus dicat manual.

Wallpaper diminati karena pemasangannya yang cepat serta lebih praktis saat ingin mengganti warna atau motif.

Untuk perawatan dan kebersihannya pun mudah. Kamu dapat mengikuti instruksi dari perusahaan pembuat kertas dinding, atau mengikuti langkah jitu yang dijabarkan sebagai berikut.

Sebelum membersihkan kertas dinding, Kamu perlu mengetahui jenis bahan pembuat kertas dinding. Ada jenis kertas dinding yang bisa dicuci dan yang tidak bisa dicuci.

Kertas dinding yang bisa dicuci terdapat lapisan vinyl tipis. Kamu dapat mencucinya dengan cara mengelap dengan kain basah.

Sementara kertas dindingyang tidak bisa dicuci lebih sulit untuk dibersihkan. Namun masih bisa Kamu usahakan dengan mengelap dengan kain bersih agar tetap terjaga kebersihannya.

Ada beragam jenis noda yang bisa menempel pada kertas dinding. Noda paling umum adalah debu yang menempel dari udara atau angin.

Selain itu ada noda dari alat tulis, seperti tinta, krayon, atau stabilo. Ada juga noda bekas tangan karena terlalu sering menyentuh kertas dinding.

Noda bekas tangan sering terlihat pada area dekat sakelar lampu. Terakhir, noda minyak. Jika sudah tahu jenis noda yang menempel, Kamu bisa membersihkannya sesuai dengan kebutuhan.

Pertama, Kamu bisa memulainya dengan membersihkan debu terlebih dahulu menggunakan sikat lembut atau penyedot debu yang dilengkapi sikat. Untuk menjangkau tempat-tempat tinggi, Kamu dapat menggunakan sapu yang dibalut dengan kain atau kaos bekas pakai sebagai alternatif.

Kedua, Kamu bisa mulai membersihkan wallpaper dari beragam noda lain selain debu, misalnya noda alat tulis, jika ada.

Kamu bisa menggunakan larutan pengangkat noda, seperti WD-40 atau cairan dry-cleaning. Untuk noda minyak Kamu bisa menggunakan air sabun hangat.

Ketiga, Kamu bisa menggunakan sisa air sabun hangat untuk mencuci bagian kertas dinding yang bisa dicuci. Kamu bisa menambahkan dengan ammonium hidroksida untuk hasil optimal.

Kertas dinding dengan lapisan vynil pun bisa dibersihkan dengan kain yang telah dilumuri cuka. Ingat, jangan menyiram cuka langsung pada kertas dinding.

Setelah selesai dibersihkan, Kamu perlu membilasnya sampai bersih dan mengelapnya dengan kain yang telah dibasahi air hangat. Lalu, keringkan dengan handuk lembut.

Untuk kertas dinding yang tidak bisa dicuci, Kamu perlu strategi khusus.Untuk membersihkan noda alat tulis, Kamu bisa menggunakan karet penghapus atau larutan pembersih. Sementara noda minyak bisa dibersihkan menggunakan panas setrika atau menggosoknya dengan roti.

Bisa juga dengan menambahkan bubuk talc, tepung jagung, atau boraks dengan sedikit air lalu dioleskan pada noda minyak. Tunggu sampai kering, lalu gosok dengan kain lembut hingga terangkat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...