Pakar Kesehatan Tegaskan Makan di Malam Hari Tak Buat Orang Gemuk
Ilustrasi: The Healthy

Pakar Kesehatan Tegaskan Makan di Malam Hari Tak Buat Orang Gemuk

Minggu, 22 Des 2019 | 14:20 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Kamu tentu pernah merasa kelaparan saat akan naik ke tempat tidur. Jika sudah seperti ini, biasanya orang akan menahan rasa lapar agar tidak mengalami kenaikan berat badan ‘dadakan’ di malam hari. Beberapa orang bahkan percaya bahwa makan malam harus dilakukan sebelum jam 8 malam agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Namun, hal ini menurut pakar kesehatan dianggap sebagai sesuatu yang menyesatkan. Dikutip dari Medical News Today, apa yang kamu makan merupakan hal yang lebih penting dari kapan kamu makan.

Gagasan makan malam hari picu kenaikan berat badan berasal dari penelitan pada hewan. Penelitian tersebut mengungkap bahwa tubuh dapat menggunakan kalori yang dikonsumsi secara berbeda ketika melewati waktu tertentu dalam sehari.

Para peneliti ini berpendapat bahwa makan di malam hari kontradiktif dengan ritme sirkardian tubuh. Berdasarkan ritme ini, tubuh harusnya istirahat dan bukan makan.

image0
Ilustrasi: Shutter Stock

Namun faktanya, jika didasarkan pada manusia, masalah kenaikan berat badan bukan terletak pada waktu, namun seberapa banyak makanan yang dikonsumsi. Selama total asupanmu sesuai dan dalam batas kebutuhan sehari-hari, maka kenaikan berat badan tidak akan terjadi hanya karena kamu makan di malam hari.

Hal ini kemudian juga dikonfirmasi oleh Ketua Penelitian Nutrisi Obestias di Pennington Biomedical Research Center, Louisiana, Eric Ravussin, PhD.

“Jika kamu aktif atau makan, maka kenaikan berat badan tidak akan terjadi,” tutur Eric melalui Men’s Health.

Menurut Eric, kenaikan berat badan terjadi karena tubuh akan membakar lemak yang tersimpan setelah menuntaskan karbohidrat dari makanan terakhir dan glikogen yang disimpan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...