Paket Kebijakan Ekonomi VI, Pengumumannya Tunggu Jokowi

Paket Kebijakan Ekonomi VI, Pengumumannya Tunggu Jokowi

WinNetNews.com - Rencana peluncuran paket kebijakan ekonomi jilid VI tinggal menunggu keputusan Presiden Joko Widodo, hal ini dikatakannya oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Pembahasan mengenai substansi dalam paket tersebut telah rampung tutur Darmin. Sore ini, rencananya jajaran menteri Kabinet Kerja akan kembali menggelar rapat terbatas di Istana Negara. Hasil rapat ini akan menentukan kapan paket lanjutan itu akan diumumkan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, dilansir dari VIVA,Rabu, 4 November 2015, Mengatakan "Pembahasan udah selesai. Bahan sudah. Nanti, kami ada ratas. Di situ ditentukan. Hari ini atau besok. Tinggal Presiden cenderung kemana."

Meski demikian, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini belum ingin membeberkan, apa saja poin utama dalam paket keenam ini. "Nanti saja kalau sudah diumumkan. Jangan sekarang."

 

Sebelumnya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Sofyan Djalil sempat membocorkan dua fokus utama pemerintah dalam paket kebijakan ekonomi jilid IV.

Pertama, memberikan insentif bagi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan insentif terhadap Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Sumber Daya Air, dan RPP Sistem Penyediaan Air Minum yang sebelumnya ditolak oleh Mahkamah Konstitusi (MK).