Pakistan DIlanda Banjir, Belasan Orang Tewas Tersengat Listrik
Foto: CNN

Pakistan DIlanda Banjir, Belasan Orang Tewas Tersengat Listrik

Sabtu, 2 Sep 2017 | 13:25 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Banjir bandang yang melanda di Karachi, kota terbesar di Pakistan, telah merenggut nyawa setidaknya 16 orang, 11 diantaranya tewas karena sengatan listrik, karena air yang naik menjadi bergejala di daerah perkotaan yang letaknya rendah.

Karachi adalah kota besar Asia Selatan terbaru yang terkena hujan lebat di tengah meningkatnya krisis terkait banjir yang melanda sebagian besar wilayah tersebut. Lebih dari 1.200 orang meninggal dan lebih dari 41 juta orang terkena dampak di negara tetangga India, Nepal dan Bangladesh, menurut perkiraan yang diberikan oleh Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC).

Angka yang dikeluarkan oleh Departemen Meteorologi di kota tersebut menunjukkan bahwa Karachi biasanya menerima hujan 19,9 mm pada bulan September. Pada hari Rabu, bagian utara kota menerima 97mm, setara dengan lima kali lipat jumlahnya. Sebagian besar banjir di Karachi telah terjadi di kota-kota di utara dan barat yang didominasi industri, seperti dikutip dari CNN.

Shahrah-e-Faisal, salah satu jalan utama kota, sebagian terendam dan jalan-jalan terdekat lainnya menjadi tidak dapat diakses.

Banjir banyak terjadi di kota tersebut untuk merayakan Idul Adha, salah satu tanggal tersuci dalam kalender Muslim. Liburan biasanya merupakan salah satu periode tersibuk di Karachi, karena keluarga berkumpul untuk menandai tanggal tersebut.

Meskipun daerah pesisir yang menghadap ke selatan telah luput dari kerusakan yang terjadi, banjir tersebut telah mengurangi pasokan listrik, yang menyebabkan pemadaman listrik secara berkala di seluruh kota seluas 14 juta.

Dengan jalan-jalan utama yang terendam dan terkena dampak bisnis, banyak pasar kota terpaksa ditutup, sementara asosiasi sekolah swasta Karachi meminta semua sekolah agar tetap tutup sampai air bah surut.

Sebuah pernyataan dari Perdana Menteri negara Shahid Khaqan Abbasi mengatakan pemerintah akan memberikan semua bantuan yang mungkin kepada pemerintah provinsi.

Tentara Pakistan sejak saat itu telah digerakkan untuk membantu upaya bantuan banjir dan resapan..

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...