Pakistan Mengganti Bahasa Resminya

Pakistan Mengganti Bahasa Resminya

 

Wingamers.com - Pakistan mengganti bahasa resminya. Namun bukan tanpa kecaman serius. Perdana Menteri (PM) Pakistan, Nawaz Sharif, akan mengganti bahasa resmi Pakistan dari Bahasa Inggris menjadi Bahasa Urdu. Wacana pergantian bahasa resmi Pakistan sudah berlangsung dalam 15 tahun terakhir. Barisan garis keras nasional Pakistan memuji langkah berani Sharif ini. Mereka menyatakan Bahasa Urdu merupakan bahasa asli Pakistan dan wajib dilestarikan.

Dilansir dari Gulf Times, pihak yang kontra beranggapan bahwa ini akan berdampak serius terhadap pendidikan. Salah satunya biaya sekolah swasta yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantarnya akan semakin mahal. "

Lesulitan lainnya dalam penggunaan Bahasa Urdu adalah penerbitan buku untuk kuliah program studi kedokteran dan teknik. "pakah pemerintah bisa menerbitkan buku kuliah mahasiswa kedokteran dan teknik dalam Bahasa Urdu dan apakah itu bisa setara kualitasnya dengan buku berbahasa Inggris? Bahasa Urdi sendiri diperkirakan sudah berusia 400 tahunan yang merupakan perpaduan dari Bahasa Persia, Sansakerta, dan Turki.