Paloh Curhat ke PKS Soal Pansus Jiwasraya, Sohibul: Jokowi Tolak Usulan DPR
Sumber: Liputan6.com

Paloh Curhat ke PKS Soal Pansus Jiwasraya, Sohibul: Jokowi Tolak Usulan DPR

Jumat, 14 Feb 2020 | 11:15 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Polemik kasus PT Asuransi Jiwasraya yang hingga kini belum menemukan titik terang mendapat sorotan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pasalnya, Presiden PKS, Sohibul Iman menduga Presiden Joko Widodo (Jokowi) seolah tak ingin kasus telat bayar Jiwasraya tersebut ditangani oleh Panitia Khusus (Pansus) bentukan DPR.

Dilansir Merdeka.com, Sohibul sudah menceritakan hal ini kepada Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh. Awalnya, kata Sohibul, Paloh yang dulu berprofesi sebagai jurnalis ini percaya kasus Jiwasraya harus diselesaikan melalui Pansus. Namun, Paloh mendapatkan penjelasan dari pemerintah bahwa kasus itu cukup lewat Panitia Kerja (Panja) DPR.

"Awalnya NasDem itu percaya bahwa ini bisa diselesaikan oleh pansus, tapi saya mendapat, pernyataan dari Surya Paloh, 'saya mendapat penjelasan dari teman-teman pemerintah bahwa dengan panja juga cukup," kata Sohibul menirukan Paloh, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Sohibul mengatakan, karena itu Paloh dan NasDem berubah pikiran dan lebih mendukung Panja. Kendati, Paloh tak masalah jika dibawa ke arah Pansus.

Dia menangkap, sikap Paloh dan NasDem sebetulnya objektif. Namun, ada faktor politik yang membuat NasDem batal mendukung Pansus.

Dia pun menduga, bahwa perubahan pikiran Paloh karena Presiden Jokowi tidak menginginkan Pansus dan meminta agar hanya ditangani melalui Panja.

"Mungkin, saya enggak tahu, mungkin ya," kata Sohibul.

Dia yakin, fraksi koalisi pemerintah bakal menolak Pansus Jiwasraya di DPR. Namun, PKS optimis akan objektif dalam mengusulkan Pansus Jiwasraya agar tidak ada yang ditutupi.

"Justru kalau dibuka itu akan memberikan dukungan yang positif bagi pemerintah, bahwa pemerintah tak terlibat di situ," tegas Sohibul.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...