Panama Papers Bukti Nyata Kaum Borjuis Dunia

Panama Papers Bukti Nyata Kaum Borjuis Dunia

Selasa, 5 Apr 2016 | 11:00 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Jika sebelumnya dokumen wikileaks yang dibocorkan mantan agen rahasia Amerika, kini dokumen skandal penggelapan pajak oleh para pemimpin dunia dan beberapa nama terkenal membuat dunia tercengang.

Para kaum borjuis modern tersebut melakukan tidakan pengemplangan pajak yang terdokumen dalam 11 juta dokumen dari perusahaan paling tertutup di dunia, biro hukum Mossack Fonseca yang berpusat di Panama.

Dokumen tersebut memperlihatkan bagaimana Mossack Fonseca membantu para borjuis modern tersebut untuk mencuci uang, menghindari sanksi, dan kabur dari kejaran pajak. Bahkan perusahaan yang telah beroperasi selama 40 tahun tersebut tak pernah terlibat urusan kriminal.

Dilansir dari BBC, Skandal Panama Papers ini memperlihatkan 72 pemimpin dan mantan kepala negara dalam merampas harta negaranya. 11 juta dokumen perusahaan ini pertama kali di dapatkan oleh Media Jerman, Suddeutsche Zeitung yang kemudian membagi datanya kepada ICIJ dan media Inggris, The Guardian.

Mereka menerima 11 juta dokumen dalam bentuk data sebesar 2,6 terabytes, atau muat sekitar 600 DVD. Menurut ICIJ ini adalah data terbesar perusahaan penghindar pajak yang pernah bocor. Sebelumnya, WikiLeaks pernah melakukan hal yang sama pada 2013.

Data dalam dokumen itu mengandung rahasia-rahasia perusahaan offshore yang terkoneksi dengan keluarga serta teman dekat mantan presiden Mesir Hosni Mubarak, mantan presiden Libya Muammar Khadaffi, serta Presidend Suriah Bashar al-Assad.

Foto: www.commondreams.org

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...