Panama Papers Muat Hampir 3000 Borjuis Indonesia

Panama Papers Muat Hampir 3000 Borjuis Indonesia

Selasa, 5 Apr 2016 | 11:30 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Skandal terbesar para pemimpin dan mantan kepala negara dalam merampok negaranya semakin bergulir deras. Bukan saja nama-nama Presiden Putin, dan beberapa diktator dunia. Tetapi beberapa nama tokoh di Indonesia pun disebutkan hampir mencapai 3000 orang.

Kegaduhan yang terjadi menyusul tersiarnya data dari firma hukum Mossack Fonseca di Panama, dan kini mencuat dengan nama skandal "The Panama Papers", juga menyentuh Indonesia.

Dalam tautan milik Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ), ada 2.961 nama individu ataupun perusahaan yang muncul, saat kata kunci "Indonesia" dimasukkan.

Dokumen yang dibocorkan oleh firma hukum paling tertutup di dunia ini, Mossack Fonseca yang berpusat di Panama kini di kenal dengan skandal The Panama Papers yang juga menyebutkan beberapa nama asal Indonesia.

Dalam tautan milik Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ), ada 2.961 individu ataupun perusahaan yang muncul, saat kata kunci Indonesia dimasukkan. Tak hanya itu, pada laman yang sama pun muncul 2.400 alamat di Indonesia yang terdata dalam kolom listed addresses.

Baca Juga: Panama Papers Bukti Nyata Kaum Borjuis Dunia

Dilansir dari dailymail, Panama Papers merupakan dokumen rahasia yang memuat daftar klien besar di dunia yang menginginkan uang mereka tetap tersembunyi agar tidak terlacak instansi pajak di negaranya.

Dalam dokumen 11 juta halaman tersebut, terdapat nama-nama politisi, bintang olahraga, dan selebriti yang menyimpan uang mereka di berbagai perusahaan di luar negeri untuk menghindari pajak. Tak hanya itu, dokumen ini merupakan dokumen rahasia terbesar yang bocor.

Panama Papers memiliki file data hingga 2,6 terabyte (TB). Ada 4,8 juta e-mail; 3 juta database; 2,1 juta dokumen PDF; 1,1 juta foto; 320.000 dokumen teks; dan 2.000-an file lainnya. Sebelumnya, pada 2010 lalu, beredar juga dokumen yang dibocorkan oleh programer komputer, jurnalis, dan penulis Julian Assange.

Namun, dibanding dengan Wikileaks, jumlah file "Panama Papers" ini lebih besar berkali-kali lipat. Sebagai perbandingan, Wikileaks yang dibocorkan Assange berukuran file 1,7 GB.

Foto: www.bbc.com

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...